Home / Seputar Tapsel / 1.445 Guru Belum Sertifikasi

1.445 Guru Belum Sertifikasi


PADANGBOLAK-
Sebanyak 1.445 guru PNS di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) belum sertifikasi. Dari total guru PNS sebanyak 1.637 ini hanya 192 guru yang sudah lulus sertifikasi, atau hanya sekitar 11 persen saja.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Paluta Drs Hazairin Hasibuan melalui Kabid Pengendalian Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Drs Hasmy Siregar, Jumat (6/5). Katanya, jumlah ini akan terus
berkurang seiring dengan penambahan kuota sertifikasi setiap tahun.
Diutarakannya, pihaknya akan terus berupaya menambah jumlah guru bersertifikasi di Kabupaten Paluta. Namun penambahan tersebut harus dilakukan secara bertahap sesuai jatah yang diberikan pemerintah pusat bagi para guru pada setiap kabupaten/kota. “Jatah sertifikasi tahun 2011 ini sebanyak 370 orang sehingga kami berupaya agar para guru PNS di Paluta dari seluruh jenjang pendidikan mampu memenuhi jatah tersebut,”sebutnya.
Hasmy menambahkan, jatah sertifikasi untuk Paluta sebanyak 370 guru itu dialokasikan bagi guru PNS yang berkompetensi dan layak, mulai guru SD hingga SMA.
Katanya lagi, bagi guru yang memenuhi kriteria dan masuk dalam daftar 370 orang penerima sertifikasi diwajibkan mengikuti pelatihan tingkat provinsi sebelum ditetapkan sebagai penerima sertifikasi.
Adapun Kriteria guru yang memenuhi untuk diajukan sebagai calon guru bersertifikasi adalah guru dengan jenjang pendidikan minimal Strata 1 masa kerja 6 tahun atau bisa juga tidak S1 tetapi usia minimal 50 tahun dengan masa kerja minimal 20 tahun. (thg/ara)
Sumber : Metrotabagsel

Comments

Komentar Anda