Home / Seputar Madina / 19 Siswa SMA 01 Muara Sipongi Terdeteksi Pemakai Narkoba

19 Siswa SMA 01 Muara Sipongi Terdeteksi Pemakai Narkoba

siswa sma 191112PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Sebanyak 19 siswa SMA Negeri 01 Muara Sipongi Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terdeteksi pemakai narkoba.

“Kepastian ini positif setelah kita mengadakan tes urine di sekolah tersebut belum lama ini,” ungkap Ketua BNNK Madina AKBP Edi Mashuri kepada Wartawan, Mingu (17/11) di Panyabungan.

Dikatakannya, tes urine dilakukan di beberapa sekolah SMA di Kabupaten Mandailing Natal. Hasilnya dari 40 orang yang yang diperiksa sebagai sampel di setiap sekolah, rata-rata 3-4 orang terdeteksi mengkonsumsi narkoba.

“Jadi dari sekian banyak tes urine yang telah kita lakukan di sekolah-sekolah SMA di Madina, belum ada satu sekolahpun yang steril dari barang haram tersebut,” imbuhnya.

“Khusus untuk SMA Muara Sipongi, sampelnya juga kita buat 40 orang, ternyata yang positif mengkonsumsi narkoba ada 19 orang. Jumlah ini tentunya cukup mengejutkan kita, bagaimana kalau kita tes urine semua siswa, tentunya jauh lebih banyak,” ungkapnya.

“Untuk itu, semua pihak di harapkan ikut serta mencari solusi mengatasi bagaimana narkoba ini jangan lagi merambah ke dunia pendidikan,” kata Edi.

Terkait dengan pelaksanaan tes urine ini, program yang sedang digalakkan BNNK Madina bukan saja dilakukan kepada siswa saja, tetapi juga para PNS akan ditest.

Di sisi lain, Edi mengeluhkan keterbatasan alat. Saat ini alat yang dimiliki pihaknya hanya sekitar 700, jauh dari kekurangan. Makanya tidak semua sekolah bisa tes ureninya, mana sekolah yang anggap rawan itu yang didahulukan.

Edi berharap kepada semua pihak, mulai dari orangtua, guru, masyarakat, agar sama-sama menyatakan perang terhadap narkoba. Tes urine ini membuktikan bahwa sekolah-sekolah di Madina sudah terkontaminasi dengan peredaran barang-barang haram.

“Narkoba sudah masuk ke dunia pendidikan, ini tentunya cukup mengkhawatirkan. Bagaimana nanti masa depan pemuda dan remaja kita kalau terus di cekoki narkoba,” katanya.(mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar