Home / Seputar Madina / 2 Unit Rumah di Tanggabosi Madina Hangus Terbakar

2 Unit Rumah di Tanggabosi Madina Hangus Terbakar


Panyabungan,

Dua unit rumah semi permanen milik warga Desa Tanggabosi II, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), hangus terbakar, Jumat (06/05/2011) malam sekitar pukul 21.15 WIB. Satu unit rumah habis total dan satu unit lagi terbakar sebagian. Penyebab kebakaran diduga akibat pemilik rumah meninggalkan sayur yang masih dimasak di dapur rumah.

Rumah yang hangus terbakar tersebut milik pasangan Jawaddin (44) dengan Asminur (43) yang ditinggali bersama 6 orang anaknya. Rumah yang satu lagi adalah rumah peninggalan orangtua Jawaddin. Kerugian akibat terjadinya insiden tersebut diperkirakan mencapai Rp40 juta lebih.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakarn tersebut, hanya saja seluruh isi rumah Jawaddin hangus terbakar seperti sepeda motor Yamaha Force One, kemudian mesin perontok padi merek Robin, mesin jahit dan seluruh perabotan lainnya. Sedangkan rumah yang satu lagi hanya dindingnya yang terlihat terbakar.

Informasi yang diterima wartawan dari Romi (40) tetangga Jawaddin, kejadian itu terjadi sekitar pukul 21.15 WIB. Ia yang sedang berada di rumahnya mendengar suara teriakan minta tolong. Mendengar teriakan itu spontan dia langsung berlari menuju arah suara tersebut dan di dapatinya rumah milik Jawaddin sudah dalam keadaan terbakar.

“Begitu saya mendengar teriakan minta tolong menandakan terbakar yang ternyata dari rumah Jawaddin, saya langsung mendatangi rumahnya yang sudah dalam keadaan terbakar. Seketika itu juga ratusan masyarakat datang memberikan pertolongan memadamkan api yang sedang berkobar dengan menggunakan alat apa adanya,” jelas Romi.

Hal senada disebutkan tetangga lainnya, Rina (36). Kepada wartawan Rina mengatakan saat kejadian itu dia melihat anak Jawaddin yakni Musthofa (11) berlari ke halaman rumah untuk minta tolong. Kemudian warga yang mendengar teriakan datang dengan membawa peralatan masing-masing semisal ember dan alat lainnya.

“Saat itu juga saya bersama warga lain datang dengan membawa ember masingg-masing karena melihat rumah Jawaddin sedang terbakar,” sebutnya.

Sementara itu, Jawaddin yang ditemui wartawan mengaku saat itu dia berada di warung kopi yang berjarak sekitar 200 meter dari rumahnya. Dia mengetahui rumahnya terbakar dari warga yang berlarian menuju rumahnya. ”Saya sedang di warung Pak, dan saya lihat warga beramai-ramai menuju ke arah rumah saya, ternyata rumah saya yang terbakar,” katanya.

Sementara istrinya Asminur, dikatakan Jawaddin saat itu sedang mengikuti wirid pengajian kaum ibu. Saat ditanyai wartawan seputar penyebab kebakaran ini, Jawaddin mengaku tidak tahu pasti penyebabnya. ”Saya tak tau apa penyebabnya namun dikatakan istri saya habis magrib dia berangkat mengaji usai memasak sayur,” tambahnya.

Pantauan wartawan di lokasi, rumah Jawaddin hangus total dan tak bisa dihuni lagi sedangkan rumah peninggalan orangtuanya terlihat hanya dindingnya hangus dilalap si jago merah.

Api melalap rumah Jawaddin sekitar 30 menit. Berkat kesigapan masyarakat api dapat dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Sementara pemadam kebakaran milik Pemkab Madina tiba ke lokasi kejadian setelah api dipadamkan masyarakat. (BS-026)
Sumber : Beritasumut

Comments

Komentar Anda