Home / Pendidikan / 2011, Era Kebangkitan Pendidikan Sumut

2011, Era Kebangkitan Pendidikan Sumut


MEDAN : Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Syaiful Syafri mengatakan, tahun 2011 akan dijadikan sebagai era kebangkitan dan percepatan peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu.

“Langkah-langkah percepatan peningkatan kualitas tersebut di antaranya dengan mengejar ketertinggalan, dimana ada kekurangan akan langsung diisi dan kelemahan-kelemahan segera diperbaiki. Metode mana yang lemah itu akan terus ditingkatkan, kemudian sarana apa yang diperlukan itu harus dikembangkan,” katanya.

Ia mengatakan, jajaran Disdik Sumut termasuk di kabupaten/kota se-Sumut sudah melakukan berbagai persiapan dan pembenahan bagi meningkatkan dan pemerataan kualitas pendidikan.

Bahkan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota se-Sumut yang melahirkan 11 kesepakatan dalam percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Sumut.

Ke-11 kesepakatan tersebut antara lain fungsi Disdik Sumut sejak 2010 sampai tahun berikutnya adalah melakukan pembinaan dan koordinasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan percepatan peningkatan mutu pembelajaran.

Oleh karena itu, setiap kabupaten/kota diharapkan memberikan informasi-informasi secara cepat dan akurat berupa data tentang sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, siswa dan data guru yang telah lulus sertifikasi dan yang belum menerima tunjangan profesi dalam rangka penyusunan program Disdik Sumut tahun 2011.

Kemudian, salah satu strategi peningkatan mutu pembelajaran adalah dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, hal ini akan menjadi fokus kegiatan dinas kabupaten/kota maupun Disdik Sumut dalam rangka mewujudkan pendidikan di Sumut pada 2012 berbasis digital.

Sedangkan dalam rangka program sekolah binaan, diharapkan kepada kabupaten/kota segera mengusulkan SD, SMP, SMA dan SMK masing-masing satu sekolah tiap jenjang satuan pendidikan untuk ditetapkan sebagai sekolah binaan Disdik Sumut.

“Kita harapkan dengan 11 kesepakatan tersebut kualitas peserta didik kita ke depannya dapat lebih meningkat lagi. Dengan demikian kualitas pendidikan diharapkan tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya yang saat ini berkembang pesat,” katanya.(an)
Sumber : EksposNews

Comments

Komentar Anda