Home / Seputar Tapsel / 30 Siswa PDM Ikuti Olimpiade Sains IPB

30 Siswa PDM Ikuti Olimpiade Sains IPB

Plus Studi Tour ke ITB dan Observatorium Bosscha
TAPSEL; Sebanyak 30 siswa dan siswi Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM), akan mengikuti Olimpiade Sains Institut Pertanian Bogor (IPB), pada Jumat (12/11) hingga Minggu (14/11) mendatang. Kemarin (8/11), keselurahan peserta diberangkatkan dari Desa Sidapdap-Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Puluhan siswa-siswi Darul Mursyid dan para pendamping sebelum berangkat ke Bogor untuk mengikuti Olimpiade Sains IPB, Senin (8/11).
Para peserta olimpiade didampingi 4 pendamping, yang terdiri 2 orang unsur pimpinan, yakni Wakil Direktur PDM, Drs HM Syarifuddin Nasution, Wakil Kepala Madrasah Aliyah, Mukmin SPd, dan dua guru, Kabag Pengembangan Ilmu Eksakta, Lailina SP plus Wakil Kepala Pengembangan Ilmu Eksakta, Sumilawati SPd.
Syarifuddin Nasution yang juga Ketua Kontingen menyebutkan, kontingen akan berangkat melalui Bandara Minangkabau International, Padang. Selanjutnya, terbang menuju Jakarta. Dari Jakarta, sebelum ke IPB, kontingen Darul Mursyid menyempatkan diri studi tour ke Institut Teknologi Bandung (ITB), guna mengenal ITB lebih dekat. “Kami juga akan mengunjungi Masjid Salman di ITB,” kata Syarifuddi kepada METRO, Senin (8/11).
Dijelaskannya, Darul Mursyid menyempatkan diri studi tour ke ITB sebelum mengikuti Pesta Sains di IPB Bogor karena antara Darul Mursyid dengan ITB sudah ada hubungan dan komunikasi yang cukup erat selama ini. Bahkan, Direktur Pendidikan ITB, Prof Dr Ihsan Setya Putra pernah berkunjung dan menginap di PDM.
“Direktur PDM, H Jafar Syahbuddin Ritonga SE MBA pun sering berkomunikasi dengan Direktur Pendidikan ITB tersebut. Bukan itu saja, Prof Dr Ihsan Setya Putra juga mengirim buku-buku bermutu dari berbagai negara yang didapatkan oleh beliau lalu dikirim ke Perpustakaan Darul Mursyid. Jadi, hubungan PDM dengan Prof Ihsan memang sudah terjalin dengan baik,” jelas Syarifuddin.
Ketika ditanya tentang kunjungan kontingen PDM ke Masjid Salman ITB, Syarifuddin mengaku, bahwa DR Hermawan Dipoyono merupakan orang berpengaruh di Masjid Salman yang juga pernah berkunjung ke PDM.
“Dalam kunjungan Doktor Teknik Fisika tersebut menjalin hubungan yang baik dengan siswa-siswi Darul Mursyid beberapa waktu lalu. Untuk itu tentu baik sekali kalau kini giliran PDM yang berkunjung ke ITB,” tuturnya.
Usai dari Bandung, terang Syarifuddin, tim Darul Mursyid juga akan bertolak ke Lembang untuk mengunjungi observatorium ruang angkasa BOSCHA. Harapannya di tempat itu, siswa-siswi Darul Mursyid akan melihat langsung ruang angkasa melalui teropong bintang BOSCHA yang terkenal.
“PDM berharap dengan dibawanya siswa-siswi ini akan membuka wawasan mereka tentang pentingnya memilih perguruan tinggi yang berkelas dan berkualitas sesuai dengan harapan dan cita-cita PDM,” ungkap Syarifuddin.
Setelah mengunjungi observatorium ruanga angkasa BOSCHA, jelasnya, lalu kontingen PDM bertolak menuju Bogor untuk mengikuti Pesta Sains IPB Bogor tahun 2010.
“Pada event kali ini, PDM menurunkan 30 siswa-siswi terbaiknya untuk ikut berkompetisi di ajang nasional tersebut. Adapun cabang yang akan diikuti oleh kontingen PDM adalah Jajak Pendapat Statistika, Lomba Cepat Tepat Biologi, Progamming Competition, Kompetisi Fisika, Chemistry Challenge, Matematika Ria dan terakhir Meteorologi. Kita berharap kontingen PDM dapat berhasil dan mengharumkan nama Kabupaten Tapsel,” tukasnya. (neo)

Sumber : Metro Tabagsel

Comments

Komentar Anda