Home / Berita Sumut / 4.000 mahasiswa Unimed terima beasiswa

4.000 mahasiswa Unimed terima beasiswa

MEDAN, (MO) – Lebih dari 4.000 mahasiswa jenjang pendidikan S-1 maupun D-3 Universitas Negeri Medan mendapat beasiswa dari berbagai instansi dan lembaga pemerintah maupun swasta.

Pembantu Rektor III Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Biner Ambarita di Medan, mengatakan beberapa jenis beasiswa tersebut di antaranya Supersemar, Bidik Misi, PTP 4, VDMS, Toyota Astra, BNI, BBM, PPA dan pemkab/pemkot.

Beberapa Pemkab/Pemkot tersebut misalnya Kabupaten Serdang Bedagai, Pakpak Bharat dan Bengkalis, dengan besaran bervariasi. Baru-baru ini juga ada bantuan beasiswa Business Plan sebesar Rp.200 juta kepada 20 orang mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

Pemberian beasiswa Business Plan tersebut salah satunya bertujuan untuk membantu para mahasiswa guna menambah modal usaha, sekaligus mendorong agar mahasiswa lebih mengembangkan jiwa kewirausahaan.

“Dengan adanya bantuan beasiswa dari beberapa lembaga tersebut, tentunya sangat besar artinya bagi mahasiswa terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kedepan kami juga berharap lebih banyak lagi lembaga terutama BUMN yang menyisihkan CSR untuk beasiswa,” katanya, hari ini.

Kabag Humas Unimed Tappil Rambe mengatakan, pihaknya menyadari bahwa mahasiswa yang sedang dalam proses pendidikan di perguruan tinggi itu berasal dari latar belakang sosial yang berbeda.

Untuk itulah diperlukan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa yang merupakan capaian skala prioritas bagi pengembangan dan kelancaran proses pendidikan.

Dewasa ini bila dicermati potensi dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia, jumlahnya cukup signifikan.

Artinya bila sebagian saja dari angka tersebut dialokasikan dalam bentuk dana CSR untuk bidang pendidikan tentu akan memberikan dampak yang positif dan menggembirakan.

Bila diprogram dengan baik terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang memiliki keterbatasan biaya pendidikan, tentu akan mampu meningkatkan persentase angka partisipasi kasar pendidikan.

“Kami tentunya memberikan apresiasi yang setingginya kepada lembaga dan perusahaan yang telah menyisihkan sebagian dana CSR untuk beasiswa, sebagai bentuk perhatian akan pendidikan anak bangsa untuk lebih memacu prestasi akademiknya,” katanya.(antara)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar