Home / Seputar Tapsel / 4 Sekdes Bimtek di Medan

4 Sekdes Bimtek di Medan

PADANGBOLAK-Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi tugas Pokok dan Fungsi sekretaris desa (sekdes), empat sekdes diberangkatkan selama tiga hari (28-30/9) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Hotel Citra Medan.
Keempat sekdes tersebut yakni, Sekdes Portibi Julu (Maratimbul Harahap), Sekdes Siunggam Julu (Irdan Daulay), Sekdes Saba Sitahul-tahul (Endar Muda) dan Sekdes Hambiri (Mara Ganti Harahap).
Hal tersebut diungkapkan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Paluta, Mahlil Rambe SH, melalui Kabid Pemdes dan Kelurahan, Natoras Harahap, kepada METRO, Senin (26/9) diruang kerjanya.
Diutarakannya, Bimtek ini, hanya diperuntukkan bagi Sekdes yang PNS  saja. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi tupoksi sekdes.
“Peran sekretaris desa sangat penting dalam administrasi pemerintahan desa. Apapun kegiatannya, baik mengenai kegiatan desa, provinsi ataupun kabupaten, seorang sekdes harus tahu. Desa dapat maju dan berkembang tanpa dikelola dengan administrasi yang baik,”ungkapnya.
Natoras menambahkan, sekdes  yang baik adalah mampu mengembangkan tertib administrasi dan manajerial sehingga dapat meningkatkan kemajuan desa.
Hal ini berkaitan dengan tugas sekdes yang pada dasarnya membantu kepala desa dalam perumusan perencanaan pembangunan desa, penertiban administrasi keuangan, administrasi perkantoran, perumusan peraturan desa dan pelayanan kepada masyarakat.
Natoras mengharapkan dengan dilaksanakannya bimtek ini, seluruh sekdes  bisa mengikuti dengan sebenar-benarnya. “Kegiatan ini sangat positif terutama dalam  peningkatan kompetensi tupoksi sekdes. Sekembali dari bimtek, kita berharap para sekdes memahami fungsinya sebagai sekdes,” harapnya.
Sekdes Saba Sitahul-tahul, Endar Muda, menagku siap mengikuti bimtek untuk belajar tentang bagaimana mengembangkan tertib administrasi dan manajerial sehingga dapat meningkatkan kemajuan di desanya. (thg/mer)

Sumber : Metrotabagsel

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar