Home / Seputar Tapsel / 468 Knalpot blong Digilas situmalas

468 Knalpot blong Digilas situmalas

SIDIMPUAN- Sebanyak 468 knalpot blong bernilai Rp163 juta digilas alat berat perata jalan atau yang biasa disebut situmalas, di Alaman Bolak Padang Nadimpu, Kota Padangsidimpuan, Jumat (17/2).
Penghancuran knalpot blong tersebut langsung dipimpin Kapolres Psp AKBP Andi Syahriful Taufik bersama Wali Kota Drs H Zulkarnain Nasution, dan disaksikan unsur muspida plus, praktisi hukum, tokoh masyarakat, dan ratusan masyarakat.
Kapolres Psp mengucapkan rasa terimakasihnya atas kehadiran wali kota beserta unsur muspida plus, karena akan berefek besar pada kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu-lintas. “Kehadiran wali kota beserta elemen lainnya merupakan bukti dukungan yang berefek positif bagi penegakan hukum di kota ini,” ujar Kapolres.
Menurut AKBP Andi, ratusan knalpot blong ini terjaring dalam tiga kali operasi pada waktu berbeda di sejumlah kawasan di Kota Psp. “Jika kita perkirakan, total harga knalpot blong yang dimusnahkan itu sekitar Rp163 juta lebih, dengan harga terkecil per unitnya Rp250 ribu. Sedangkan pemasukan untuk kas negara yang diperoleh dari hasil tilang kendaraan tersebut sekitar Rp100 juta lebih,” kata AKBP Andi.
Dijelaskan Kapolres, selain untuk penegakan aturan, penertiban knalpot blong tersebut juga bertujuan untuk menciptakan kondusifitas, mengurangi kebisingan, polusi asap serta meredam adrenalin kalangan muda dalam melakukan aksi balap liar.
“Penertiban knalpot blong itu sesungguhnya merupakan keinginan masyarakat yang merasa terganggu dengan suara bising dari knalpot blong,” ucapnya.
Ditegaskannya, razia knalpot blong tidak akan berhenti saat ini saja melainkan akan digelar berkesinambungan. Sehingga nantinya masyarakat sadar u ntuk menggunakan knalpot sesuai dengan aturan.
Terkait pemusnahan knalpot blong tersebut, sambung Kapolres, jika hal itu dilakukan untuk memupus kecurigaan masyarakat kalau-kalau knalpot blong tersebut dimanfaatkan atau dijual ke pihak lain. “Kita tidak ingin timbul kecurigaan di hati masyarakat. Makanya pemusnahan dilakukan di tempat umum dan dilihat langsung masyarakat dan perwakilan masyarakat, pemuda, dan lainnya,” tuturnya.
Sementara itu, Drs Zulkarnain Nasution dalam sambutannya mengungkapkan, apresiasi tinggi atas upaya Polres Psp dalam menciptakan kondusifitas di Kota Psp ini. “Saya salut dan bangga kepada Kapolres yang tiada henti-hentinya memberikan kontribusi bagi kemajuan dan kekondusifan kota ini,” sebutnya.
Walikota menghimbau kepada pedagang agar tidak menjual knalpot blong, dan kepada masyarakat agar mempergunakan knapot yang sesuai dengan aturan, dan agar masyarakat mematuhi aturan berlalulintas. (phn.metrotabagsel)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar