Home / Seputar Madina / 490 Calhaj Madina ikuti manasik akbar

490 Calhaj Madina ikuti manasik akbar

PANYABUNGAN – Sebanyak 490 calon jamaah haji asal Kabupaten Mandailing Natal, hari ini, mengikuti manasik haji akbar. Kegiatan untuk calhaj itu diawali dari Masjid Thariqul Jinan di Kelurahan Dalan Lidang menuju Masjid Agung Nur Alan Nur Aek Godang, Panyabungan atau berjarak sekira 2 kilometer lebih.

Rangkaian manasik akbar diselenggarakan Pemkab Madina bekerjasama dengan Kantor Urusan Haji Kantor Kementerian Agama Madina dan dihadiri para pejabat teras Pemkab Madina, unsur ulama, tokoh masyarakat serta undangan terkait lainnya.

“Selain manasik akbar, para calon tamu Allah itu akan mengikuti tepung tawar, zikir dan doa bersama di Masjid Agung Nur Alan Nur ,” ujar Kabag Humasy Pemkab Madina, M Taufik Lubis, tadi malam.

Dijelaskan, calhaj asal Madina diberangkatkan masuk dalam dua kelompok terbang (kloter), masing-masing kloter XI dan XIII. Kloter XI sebanyak 450 orang diberangkatkan dari Panyabungan menuju Asrama Haji di Medan pada Kamis (21/10). Sementara calhaj tergabung dalam kloter XIII sebanyak 40 orang diberangkatkan dari Madina menuju Medan, Minggu (24/10).

“Calhaj yang diberangkatkan untuk kloter XIII dari Masjid Agung Nur Alan Nur Aek Godang Panyabungan akan bergabung dengan calhaj asal Kota Padangsidimpuan,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk jadwal pemulangan jamaah haji kloter XI dijadwalkan tiba di Embarkasi Polonia Medan pada 3 Desember sekira pukul 03:35 dan akan diberangkatkan menuju Panyabungan pada siang harinya sekira pukul 14:00.

“Para jamaah haji kloter XI akan pulang ke kampung halaman masing-masing pada 4 Desember 2010,” terangnya.

sumber:waspada

Comments

Komentar Anda