Home / Seputar Madina / 91 Warga Tabuyung Madina Positif Terjangkit Malaria

91 Warga Tabuyung Madina Positif Terjangkit Malaria


Panyabungan,

Wabah panyakit malaria yang menyerang Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) diduga akibat kurang bersihnya lingkungan Desa Tabuyung dan sekitanya.

“Dari hasil penelitian kita ke Desa Tabuyung, dari 700 orang yang kita periksa 91 orang positif terserang malaria,” ujar Kepala Kantor Penanggulangan Malaria Pemkab Madina dr Syarifuddin Nasution di ruang kerjanya di Panyabungan, Jumat (06/05/2011).

Dikatakannya, dari 91 orang yang terjangkit malaria, rinciannya karyawan PT ALM sebanyak 17 orang, warga sebanyak 29 orang, siswa SMP sebanyak 6 orang, Siswa SD 33 orang dan anak MTs 6 orang.

Penyakit malaria yang sedang mewabah di Tabuyung diperkirakan karena lingkungan di sekitar desa kurang bersih. “Dari hasil pengamatan kita sewaktu melakukan penelitian di desa itu sangat banyak parit yang tidak mengalir dan genangan air di depan rumah warga,” jelasnya.

Lanjut Syarifuddin, Kantor Penanggulangan Malaria yang telah melakukan pengecekan dan pemeriksan kepada masyarakat, sudah melakukan penyemprotan untuk membunuh nyamuk dan genetik nyamuk. Selain itu juga telah memberi obat kepada warga yang positif terkena malaria.

“Kita juga telah melakukan sosialisasi kepada masayarakat untuk mencegah malaria ini dengan membersihkan lingkungan. Karena kalau lingkungan di Desa Tabuyung masih seperti itu, yakni belum dibersihkan dan paritnya, penyakit malaria akan terus menyerang warga Tabuyung,” ujarnya.

Masih kata Syarifuddin, mungkin tidak hanya Desa Tabuyung terjangkit malaria, desa lain juga mungkin terjangkit karena daerahnya banyak rawa-rawa.

“Akibat kekurangan tenaga medis dan dana kita hanya melakukan penelitian di Desa Tabuyung. Itu pun dari 700 warga yang diperiksa hanya 500 orang yang bisa kita periksa, selebihnya kita periksa di kabupaten,” ujarnya.

Harap Syarifudin, pihak Kecamatan Muara Batang Gadis agar melakukan gotong royong membersihkan lingkungan dan masyarakat supaya memperhatikan lingkungannya dan secepatnya membersihkan lingkungannya. Karena lebih baik pencegah daripada mengobati. (BS-026)
Sumber : Beritasumut

Comments

Komentar Anda