Home / Wisata / Air Terjun Sariawan, Wisata Alam Simangambat

Air Terjun Sariawan, Wisata Alam Simangambat

Air Terjun Sariawan di Simangambat, Siabu

 

Air Terjun Sariawan, adalah salah satu dari sejumlah air terjun yang ada di Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Tentu nama Sariawan tidaklah asing bagi telinga kita, tetapi kenapa harus dikaitkan dengan air terjun? Warga mengatakan keindahan air terjun ini seperti gambaran air terjun yang ada di salah satu produk kemasan obat sariawan (panas dalam), sangat mirip, ungkap warga.

Yanri Lubis, salah seorang warga setempat bercerita di daerahnya banyak air terjun dengan berbagai keunikan, baik dari nama maupun keindahannya, diantaranya Air Terjun Sariawan, Sijornih, Sampuran Sambilan, Alahan Kae, Rura Salak, Batu Madinding, Rura Loba, Rura Batu, Muara Sada, Rura Empat Ratus, Sampuran Es “dan masih banyak yang belum punya nama”, ungkapnya di Simangambat, pekan lalu.

Akses menuju lokasi air terjun Sariawan ini belumlah seperti yang dibayangkan layaknya objek wisata yang telah dikemas dengan baik.

Dari kota Panyabungan (ibu Kota Kabupaten Madina) kita dapat menumpang angkutan kota menuju Kelurahan Simangambat Kecamatan Siabu. Setibanya, anda dapat bertanya kepada warga arah menuju Air Terjun Sariawan.

Nah, jika anda hoby berjalan kaki sambil mengabadikan suasana perkebunan karet  Aek Nabara dan pertanian masyarakat, silahkan saja dan kemungkinan tiba sekitar satu setengah jam melalui jalan tanah.

Tetapi alternatif tercepat bisa menggunakan jasa sewa ojek lokal jenis sepeda motor dengan bayaran sistem tawar menawar, anda akan diantarkan sampai ketujuan dengan waktu tempuh kurang dari satu jam saja.

Miswaruddin, warga setempat menceritakan bahwa lokasi wisata Air Terjun Sariawan ini belumlah dikelola dengan baik oleh Pemerintah setempat dan bahkan belum pernah terekspos dengan baik sehingga tidak banyak yang tahu,” semoga kedepannya Pemerintah terkait dapat membantu memperhatikan temuan para pemuda ini dan bisa bekerjasama untuk mengelolanya dengan baik dan mengenalkannya ke wisatawan”, ungkapnya.

Kiranya kita juga berharap kepada pemerintah setempat untuk menjaga seluruh air terjun ini, mendaftarkannya sebagai tujuan objek wisata di Madina yang dikelola Pemerintah Desa, membantu membuka akses jalan menuju lokasi wisata dan bahkan memberi nama baru agar lebih menarik bagi wisatawan.

Penulis : Asri/Syahren

Fhoto: Adnan Saleh (Madina Pos)

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.