Home / Berita Sumut / Akbar Tanjung: Tak ada kandidat titipan

Akbar Tanjung: Tak ada kandidat titipan

akbar tanjung

MEDAN – Politisi nasional Akbar Tanjung menilai, para peserta kandidat Cagubsu pada Pilkada 2013 semakin seru. Terlihat dari partai Golkar tercatat 10 bakal calon yang sudah mendaftar diri menyatakan ikut pada Pilkada Sumut tahun depan.

“Yang dilaporkan kepada kita 10 calon dari partai Golkar sudah mendaftar untuk menjadi orang nomor satu di Sumut, namun semuanya harus melalui survei independen,” kata Katua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar, Akbar Tanjung.

“Mereka harus berjuang serta berupaya dan hasil survei yang menentukan nantinya. Begitupun pihak DPP Partai Golkar, tidak ada kandidat titipan agar seseorang menjadi kandidat layak atau tidaknya dipilih atau diunggulkan,” kata Akbar Tanjung menjelang bertolak ke Jakarta bersama istrinya di Bandara Polonia Medan, hari ini.

Menurutnya, setelah DPD Golkar Sumut menjaring nama-nama yang ikut, selanjutnya nama tersebut diserahkan kepada DPP Partai Golkar untuk dilakukan survei. Survei independen layak atau tidaknya seseorang calon untuk maju pada Cagubsu 2013.

Survei menurut Akbar, persyaratan yang telah ditetapkan dalam undang-undang politik. Survei tersebut tentu menyeleksi pengalaman berorganisasi seseorang calon, baik di partai maupun di pemerintahan yang paling penting tingkat keterpilihan (elektabilitas) seseoarang calon dan faktor-faktor pendukung lainnya.

Akbar tidak membantah, banyak kandidat Cagubsu memilih partai Golkar, karena Golkar dinilai sudah berpengalaman bertahun-tahun. “Infrastruktur pengalaman politiknya cukup panjang, basis kepercayaan massa juga meningkat, sementara mesin politik selama ini semakin baik,” katanya.(waspada)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar