Home / Seputar Tapsel / Akhir 2011, Seluruh Jembatan Lintas Pantai Barat Selesai Dikerjakan

Akhir 2011, Seluruh Jembatan Lintas Pantai Barat Selesai Dikerjakan


P. Sidimpuan,
Akhir tahun 2011, seluruh jembatan lintas pantai barat mulai dari Batang Toru menuju Batu Mundom hingga perbatasan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melewati Desa Hapesong-Hapesong Baru-Riniate selesai dikerjakan.
“Ditargetkan paling lama Desember tahun ini, hampir seratus persen jembatan yang ada di lintas pantai barat sudah dapat dilalui, “ujar Bupati Syahrul M Pasaribu dalam safari Ramadhan 1432 H, di Masjid Baiturrahman Desa Tarutung Baru, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Minggu (14/8) malam.

Dikatakan, meski pengembangan pantai barat bukanlah tanggung jawab daerah karena berstatus jalan nasional, namun Pemkab Tapsel bersama DPRD secara terus menerus melakukan lobi-lobi ditingkat provinsi dan pusat demi percepatan pembangunan pantai barat.

“Meski jalan itu berstatus nasional, tidak serta merta akan langsung dilakukan perbaikan karena jalan provinsi dan nasional tersebar dinegeri ini. Makanya kita intensifkan lobi-lobi ketingkat satu dan pusat agar anggaran yang ada dikucurkan ke daerah ini,” terangnya.

Selain jembatan, perbaikan jalan juga intensif dilakukan dikawasan Angkola Sangkunur seperti simpang Sirongit yang dulunya sulit dilalui, namun berkat berkat dana PNPM sebesar Rp 500 juta, dua minggu lagi jalan ini selesai dikerjakan.

Demikian halnya dengan jalan simpang Sirongit kearah Tarutung Baru, Kecamatan .Angkola Sangkunur yang panjangnya sekitar 700 meter, tahun ini juga dikerjakan.

“Untuk sisa jalan buruk sekitar 500 meter, dan sbuah jembatan kayu ditargetkan dijamah dan selesai dikerjakan pada 2012. Setahap demi setahap jalan di wilayah Angkola Sangkunur sudah enak dilalui,” katanya.

Terkait Jalan Usaha Tani (JUT) Bupati mengaku cukup bangga tingginya partisipasi masyarakat Tarutung Baru berpenghuni 400 KK dengan 1500 jiwa ini.

“Ternyata, kalau pekerjaan hasil swadaya masyarakat itu dirupiahkan sudah lebih dari seratusan juta rupiah nilainya. Itu sesungguhnya sudah sangat membantu program pemerintah dibidang pembangunan,” katanya.

Genset

Terkait bantuan genset berkapasitas 4000 watt diterima Camat Kecamatan Angkola sangkunur H Agussalim guna mendukung program nasional Elektronik-KTP(e-KTP) Bupati, mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi mensosialisasikan e-KTP itu.

“Melalui e-KTP ke depan tidak ada lagi warga msyarakat yang menggunakan KTP ganda di daerah ini,” terangnya.

Acara safari Ramadhan itu diisi dengan tausyiah oleh al-Ustad Sulaiman Harahap, dirangkai penyerahan bantuan berupa bibit jagung, padi kepada kelompok tani.

Selanjutnya, Simpedes Bank Sumut Rp80 juta untuk optimalisasi lahan pertanian pertanaman jagung seluas 20 Ha Gapoktan Sepakat Kelurahan Sangkunur, plus bibit jagung 5 Kg dan Simpedes Bank Sumut Rp50 juta untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1 kilometer di Desa Bandar Tarutung.

Bantuan Kepada Badan Kenajiran Masjid (BKM) Baiturrahman berupa enam bal ambal ditambah 10 Alquran dan ah sumbangan dari TP PKK Tapsel RP1 juta, Ketua DPRD H Rahmad Nasution dan Bupati Syahrul M Pasaribu Rp1.700.000, Infaq para SKPD Rp1.800.000, ditambah Rp1,5 juta Bank Sumut sehingga jumlah total Rp 6 juta guna pembangunan Masjid tersebut. (hih)
Sumber : analisadaily.com

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar