Home / Seputar Madina / Anggota Badan Pemangku Adat Mandailing Julu Protes Dukungan Untuk Dahlan

Anggota Badan Pemangku Adat Mandailing Julu Protes Dukungan Untuk Dahlan

 

KOTANOPAN (Mandailing Online) Sejumlah angota Badan Pemangku Adat Mandailing Julu memprotes keras pimpinan lembaga itu karena telah mengarahkan lembaga untuk mendukung calon bupati Dahlan Hasan Nasution di Pilkada Madina.

“Ini lembaga bukan bisa dibawa-bawa dukung mendukung calon, sebab ini lembaga adat bukan lembaga politik,” kata seorang anggota Badan Pemangku Adat Mandailing Julu bermarga Lubis, kemarin.

Protes itu disampaikannnya kepada wartawan terkait pelantikan Badan Pemangku Adat Mandailing Julu, (15/8) lalu di halaman Pasanggarahan Kotanopan yang berrangkai dengan pengumuman mendukung Dahlan Hasan Nasution. Bahkan, sampai-sampai penandatanganan surat pernyataan dukungan.

Protes itu wajar saja datang dari anggota lembaga, sebab pengumuman itu tidak tanggung-tanggung, dalam pernyataan sikap itu dikatakan seluruh Badan Pemangku Adat Wilayah Mandailing Julu siap mendukung dan memenangkan Dahlan Hasan.

Melihat ini, kontan saja  bisik-bisik pun hadir di antara anggota Badan Pemangku Adat yang hadir di pelantikan itu. Bahkan ada beberapa orang yang meninggalkan lokasi.

“Kita diundang untuk pelantikan Badan Pemangku adat, bukan dukung-mendukung dengan pernyataan sikap. Pandai kali ketua Badan Pemangku Adat Mandailing Julu dan ketua panitia menyetting acara ini. Ini bukan murni acara pelantikan, tapi bermuatan politis. Kalau tahu begini, kami tidak datang,” ujar salah satu anggota Badan Pemangku Adat Mandailing Julu.

Lain halnya dengan seorang pengurus Badan Pemang adat lainnya. “Enak kali ketua panitia dan ketua Badan Pemangku Adat Mandailing Julu ini mengarahkan lembaga adat ini ke arah politik. Di sini kan banyak raja dan anak raja yang hadir, apa lembaga adat ini dia punya sendiri? Bagusan Badan Pemangku Adat Mandailing Julu ini dibubarkan, ini tidak murni bergerak di bidang adat, ada muatannya politisnya. Secara pribadi saya tidak suka dengan ini. Badan Pemangku adat dijual mentah-mentah,” katanya.

Peliput : Tim Mandailing Online

Editor  : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar