Home / Seputar Madina / APBD Madina Diatas 1 Triliun, Jalanan Masih Banyak Amburadul

APBD Madina Diatas 1 Triliun, Jalanan Masih Banyak Amburadul

Satu mobil angkutan melewati jalan rusak menuju kawasan Runding, Panyabungan Barat. (foto : Mandailing Online / Dahlan Batubara)

PANYABUNGAN BARAT (Mandailing Online) – Di tengah dana APBD Mandailing Natal yang sudah di atas angka 1 triliun rupiah, justru ruas-ruas jalan antar kecamatan masih banyak yang amburadul.

Besaran dana APBD itu terkesan tak berbanding lurus dengan perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Mandailing Natal. Padahal, jalan merupakan urat nadi aktifitas perekonomian rakyat serta sarana mobilitas sosial plus bahwa jalan sebagai salah satu item infrastruktur termasuk dalam poin-poin pendorong percepatan pembangunan suatu daerah.

Salah satu kondisi badan jalan yang porakporanda adalah jalur Longat-Runding. Pantauan Mandailing Online, pekan lalu, badan jalan sepanjang titik tersebut sangat memprihatinkan, banyak lobang.

Amatan Mandailing Online, sejumlah angkutan umum terlihat kewalahan melewati titik demi titik yang rusak. Dapat dibayangkan, bahwa rutinitas perbaikan mobil angkutan umum tersebut sangat tinggi akibat resiko melewati jalur jalan yang hancur.

Sejumlah warga yang mengangkut padi dan hasil pertanian lainnya memakai sepeda motor juga terlihat kesulitan menghindari lobang demi lobang di jalanan. Kondisi ini menggambarkan betapa himpitan kesulitan perekonomian yang diderita rakyat di desa selama ini justru kian diperparah oleh kerusakan-kerusakan infrastruktur.

Ruas-ruas jalan di berbagai kecamatan, termasuk juga jalur-jalur jalan menuju desa-desa terisolir menunjukkan fakta-fakta yang memprihatinkan.

Berdasar logika, semakin naik pagu APBD akan berdampak pada semakin baiknya infrastruktur jalan, karena item-item pembiayaan akan makin mudah terpenuhi.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Madina dalam APBD Perubahan TA 2018 tercatat sebesar 1,5 Triliun Rupiah. Angka yang menggiurkan dalam pandangan rakyat. Angka yang melambungkan angan-angan bahwa jalan kita akan mampu diperbaiki.

Lalu pada TA 2019 ini, pagu APBD yang ditetapkan DPRD Madina sebesar sekitar 1,7 Triliun Rupiah. Apakah dengan angka yang kian menggiurkan itu akan menjawab harapan perbaikan ruas-ruas jalan kabupaten? Mari kita tunggu.

 

Peliput : Dahlan Batubara

 

 

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: