Home / Berita Nasional / Badan Hisab dan Rukyat amati bulan baru petang ini

Badan Hisab dan Rukyat amati bulan baru petang ini

badan hisab

Padang – Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat petang ini akan mulai melakukan rukyatul hilal atau melihat penampakan bulan baru dari kawasan Bukit Lampu, Padang, untuk menetapkan awal Ramadhan 1433 Hijriah.
“Rukyatul hilal akan dilaksanakan hari ini menjelang matahari terbenam di Bukit Lampu, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, sebagai acuan menetapkan jatuhnya 1 Ramadhan 1433 Hijriah,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Ismail Usman, di Padang, Kamis.

Bersama anggota BHR Sumatera Barat, Jamaris Amir, ia mengatakan petugas yang terdiri atas hakim pengadilan agama, akademisi, dan petugas Kementerian Agama akan melihat penampakan bulan sabit yang pertama muncul menggunakan teropong sekitar pukul 18.00 WIB.

Selanjutnya BHR akan melaporkan hasil rukyatul hilal ke Kementerian Agama di Jakarta agar bisa menjadi bahan masukan dalam sidang penetapan awal bulan Ramadhan.

Ismail menjelaskan, kalau dalam pengamatan petang ini bulan baru sudah terlihat maka awal Ramadhan akan jatuh pada 20 Juli namun jika tidak akan mulai 21 Juli.

Ia menjelaskan pula bahwa menurut hasil perhitungan atau hisab awal bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada 20 Juli.(Antara)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.