Home / Seputar Madina / Bangunan Pasar Hutagodang Ulu Pungkut Mubazir.

Bangunan Pasar Hutagodang Ulu Pungkut Mubazir.

 

pasar ulupungkut 300413aaa

ULU PUNGKUT (Mandailing Online) – Bangunan pasar Hutagodang yang terdapat di desa Hutapadang Kec. Ulu Pungkut Kab. Mandailing Natal mubazir. Pasalnya, bangunan yang didirikan tahun 2003 dengan aggaran sekitar 130 juta tidak pernah dipergunakan. Malahan kondisi bangunannnya sudah hampir rusak, sebagian papan dan pintu los dan ruko sudah rusak.
Syaiful Anwar (35), salah seorang warga Hutapadang kepada Wartawan, Rabu (3/4) mengatakan, sejak dibangun tahun 2003 lalu bangun pasar ini tidak pernah dipergunakan. Kita juga tidak tahu apa penyebabnya, khabarnya masyarakat enggan memakai bangunan pasar tersebut karena tempatnya terlalu jauh dari desa Hutagodang, padahal kalau di perhatikan lokasi ini pas di pinggir jalan,” ujarnya.
“Jadi bangunan ini mubazir, uang negara sia-sia kemari. Padahal, untuk membangun Pasar ini warga Hutapadang sudah berkorban. Dulunya, pertapakan bangunan pasar ini sebenarnya diperuntukkan untuk kantor Camat Ulu Pungkut. Karena persayaratan pemekaran saat itu harus ada pertapakan kantor Camat, makanya warga menyediakan lahan ini, tapi entah bagaimana berubah fungsi menjadi bangunan pasar,” katanya.
Bukan itu saja, awalnya tanah itu dibeli dari dana bandes untuk warga Hutapadang yang hasilnya untuk biaya gaji guru-guru mengaji di sini. Tapi karena keinginan warga agar pemekaran Kecamatan terlaksana, diberikan untuk pertapakan kantor Camat. Setelah berubah pungsi jadi bangunan pasar tidak berpungsi pula, warga tentunya sangat kecewa. Bagusan tanahnya kembali dipulangkan kemasyarakat agar bisa dikelola untuk membayar guru mengaji di sini,” tandasnya.
Sebenarnya, kata Syaiful, kalau pemerintah mau mempungsikan pasar ini mudah saja, tinggal menghimbau warga atau pedagang agar berjualan kemari. Tapi ini tidak pernah di lakukan, pemerintah sepertinya tetap memampaatkan pasar lama yang statusnya milik pribadi dari pada memindahkannya kemari. Jadi intinya terletak kemauan pemerintah setempat dengan berkoordinas dengan Pemkab Madina.
Camat Ulu Pungkut Mohd Johan, S.Sos yang di komfirmasi mengakui kalau bangunan pasar itu memang belum di fungsikan. “ Sejak dibangun, pasar itu memang belum pernah difungsikan di karenakan bangunannya masih kurang. Bangunan yang ada sekarang hanya dua ruko dan satu los, jadi masih jauh dari kekurangan,”ujarnya. (Lkt)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar