Home / Seputar Madina / Belum Gajian 6 Bulan, Puluhan Kepdes Datangi Sekda

Belum Gajian 6 Bulan, Puluhan Kepdes Datangi Sekda

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Puluhan kepala desa dari Kecamatan Siabu mendatangi Sekretaris Derah Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (24/7). menuntut pencairan gaji yang belum cair sejak Januari lalu.

Gejolak dari kecamatan Siabu ini menambah daftar kemelut gaji kepala desa, setelah sebelumnya para kepala desa dari Kecamatan Panyabungan mendatangi kantor Pemkab Madina karena belum gajian sejak Januari.

Kedatangan para kepala desa dari Siabu ini hendak mempertanyakan kenapa ADD mereka belum dicairkan sejak triwulan pertama, padahal bulan ini sudah memasuki triwulan ke tiga.

ADD (Anggaran Dana Desa) adalah skema program dimana di dalamnya tertampung gaji kepala desa dan perangkat desa serta biaya operasional pemerintahan desa.

Sejumlah kepala desa tersebut terpaksa duduk di lantai sambil tidur-tiduran karena Sekda Madina yang hendak mereka temui sedang mengadakan rapat di ruang rapat bupati.

“Kita datang ke kantor bupati ini guna untuk mempertanyakan kenapa dana ADD kami sejak Januari 2013 belum juga dicairkan padahal biasanya dana ADD tersebut dicairkan per triwulan,” ujar Kepala Desa Huraba I, Amas Muda Hasibuan yang diamini oleh puluhan kepala desa lainnya.

Disebutkan, mereka memberanikan diri datang ke kantor bupati ini akibat sudah bosan dengan jawaban dari pihak kantor camat yang selalu mengatakan bahwa sedang dalam proses.

“Setiap kita mempertanyakan ke kantor camat tentang ADD desa kita, selalu mendapatkan jawaban dalam proses pencairan, sehingga kita merasa bosan dengan jawaban seperti itu sehingga kita datang ke kantor bupati ini guna untuk mempertanyakannya,” jelas mereka.

Memang kita sudah mendatangi kantor bagian tata pemerintahan, dimana di situ kita mendapatkan jawaban bahwa berkas permohonan pencairan ADD tersebut sudah diajukan ke keuangan, namun setelah kita mendatangi keuangan tidak ada yang bisa menjelaskannya.

“Untuk itu kita sekarang ini hendak mendatangi Sekda untuk mempertanyakan tentang ADD kami tersebut, karena kita tidak puas dengan jawaban yang kita dapatkan baik ia dari bagian tata pemerintahan sebagai atasan kita langsung dan dari keuangan,” tegas mereka.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar