Home / Seputar Madina / Bupati didesak mutasi pejabat

Bupati didesak mutasi pejabat


PANYABUNGAN – Elemen mahasiswa dari Satma PP dan HMI di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mendesak Pj Bupati Madina, Aspan Batubara, memutasi secepatnya tingkat eselon II,III, dan IV.

Tujuannya, supaya efektivitas kerja aparatur pemerintah pasca penggabungan sejumlah instansi jadi satu (Suorta), telah mengakibatkan lemahnya pelayanan publik di sejumlah instansi pemerintah.

Ketua Satma PP Madina, Tan Gozali, mengatakan penerapan suorta di Pemkab Madina pada dasarnya memiliki tujuan bagus dan pro kerakyatan. Karena penggabungan suorta secara anggaran telah menghemat biaya APBD mencapai milliar pertahun.

“Dengan kata lain, sistem pemerintahan ala Aspan Batubara ini cukup efisien, minim struktural tapi kaya fungsi. Hanya saja, jangan sampai perampingan SKPD menimbukan masalah yang dilematis nantinya,” ucap Tan,pagi ini.

Alasannya, setelah disahkannnya perampingan SKPD oleh DPRD, hingga detik ini tidak ada kejelasan siapa yang menjadi pimpinan di SKPD. Kondisi ini berdampak buruk dan melemahkan pelayanan publik dan program pemerintah.

Bahkan, banyak kepala SKPD di Madina saat ini dengan lantang mengatakan dirinya sebagai pejabat demisioner. “ Nah, kata demisioner ini yang jadi malapetaka terhadap Pj Bupati. Karena konotasi demisioner dipandang negatif banyak orang, sebagai korban dari kebijakan,” jelas Tan.

Karena itu ia berharap, Pj Bupati yang memulai masalah ini dan harus Pj Bupati yang mengakhirinya dengan cara mengadakan mutasi. Sehingga penanggung jawab program di masing-masing SKPD merasa nyaman dan tenang dalam menjalankan tugas.

Iswadi Batubara dari Badko HMI Sumut, mengatakan, ekses dari perampingan SKPD juga berimbas menurunnya disiplin dan kehadiran para PNS. Bahkan saat Pj Bupati tugas luar, hampir 80 persen aktifitas kantor terlihat sepi.

Untuk itu, terlepas dengan alasan apapaun, mutasi pejabat secepatnya merupakan satu-satunya pilihan. Dalam konteks perwujudan pelayanan perima pemerintah terhadap masyarakat, dan demi dan untuk kesejahteraan bersama semua elemen.
Sumber : Waspada

Comments

Komentar Anda