Home / Pendidikan / Bupati Diminta Sosialisasikan Dana Pendidikan

Bupati Diminta Sosialisasikan Dana Pendidikan

Panyabungan (MO) – Bupati Madina, Hidayat Batubara didesak untuk mensosialisasikan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah untuk tingkat SLTA serta bantuan bagi pelajar yang masuk ke perguruan tinggi yang ditampung di APBD Madina tahun 2012.
Sebab, pasca pengesahan APBD, masyarakat luas belum banyak mengetahui kebijakan di sektor pendidikan tersebut. Program ini merupakan salah satu kebijakan bupati sebagai implementasi dari visi misi pendidikan gratis di Mandailing Natal.
“Sudah saatnya bupati mensosialisasikan kepada publik bahwa ada dana untuk program semacam BOS di tingkat SLTA, serta bantuan bagi pelajar yang berhasil masuk ke perguruan tinggi,” sebut Sutan Mangkutur, pamerhati Madina.

Sutan menyatakan, program pendidikan gratis, terimplementasi pada program pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SLTA yang selama ini tidak tercakup dalam program nasional BOS, karena program BOS nasional cakupannya hanya pada tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

Sebagai Follow Up dari program tersebut, diprogramkan juga pemberian bantuan beasiswa bagi alumni SLTA Mandailing Natal yang berhasil menembus perguruan tinggi.

Dana yang dianggarkan untuk ini sebesar 8,5 milyar rupiah yang diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tingkat SLTA, yang nantinya akan ditandai oleh meningkatnya angka partisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi murni (APM) tingkat SLTA, kemudian diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah alumni SLTA yang berhasil masuk pada perguruan tinggi negeri.
Pengalokasian dana yang besar ini diharapkan akan berkorelasi positif pada angka kelulusan di perguruan tinggi negeri. (dab)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar