Home / Seputar Tapsel / Bupati Diminta Tuntaskan Desa Tertinggal

Bupati Diminta Tuntaskan Desa Tertinggal


PALAS- Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), Basyrah Lubis SH diminta menuntaskan persoalan desa tertinggal, karena Kabupaten Palas merupakan nomor 2 desa tertinggal di Sumut.
Ketua Generasi Muda Peduli Pembangunan Palas, Husni Mubarrok Nasution mengatakan, Bupati sudah seharusnya membangun mulai dari desa terpelosok, bukan dengan membangun mulai dari pusat kota kabupaten, mengingat 2 tahun kepemimpinan Basyrah Lubis, masih banyak visi-misi Bupati yang belum terlaksana. Banyak faktor yang dijadikan sebagai tolok ukur suatu desa tertinggal yakni minimnya ketersediaan jalan utama di desa, lapangan usaha, pendidikan, kesehatan, dan komunikasi sangat terbatas. “Kepadatan penduduk per km2, sumber air minum, sumber bahan bakar, persentase penggunaan listrik dan persentase pertanian minim,” ujarnya.
Disebutkan, Kabupaten Palas memiliki 200 lebih desa tertinggal, dimana sebagian desa masih ada yang belum dimasuki oleh roda dua dan empat. Untuk itu, Badan Pemdes melaksanakan program PNPM yang dianggarkan puluhan miliar tiap tahun dari pusat.
Menurutnya, Palas masih banyak ditemukan desa tidak memiliki sekolah SD seperti Desa Bire, Sibontar, Parannapa Dolok di Kecamatan Barteng. Padahal jarak tempuh dari desa tersebut ke sekolahnya mencapai 3 kilometer. “Inilah yang harus diperhatikan Bupati kedepannya,” tukas Husni mengakhiri. (amr)
Sumber ; Metro Tabagsel

Comments

Komentar Anda