Home / Seputar Madina / Bupati Madina dan Mandailing Malaysia Akan Teken MoU Kerjasama

Bupati Madina dan Mandailing Malaysia Akan Teken MoU Kerjasama

Hidayat Batubara 211112PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Bupati Mandailing Natal (Madina) dan pihak Mandailing Malaysia akan menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) kerjasama pada 23 November mendandatang di Panyabungan.

Kerjasama ini meliputi bidang kebudayaan, silaturrahim, ekonomi, tenaga kerja dan pemerintahan. Pihak Mandailing Malaysia diwakili Presiden Persatuan Halak Mandailing Malaysia (PHMM), Ramli Abdul Karim Hasibuan.

“Penandatanganan MoU itu dilakukan ditengah kunjungan muhibbah etnis Mandailing Malaysia di Madina, pada Jum’at 23 November ini,” kata Kuasa Perwakilan Mandailing Malaysia di Madina, Dahlan Batubara menjawab wartawan, Rabu (21/11) di Panyabungan.

Rombongan etnis Mandailing Malaysia melakukan kunjungan ke Madina dalam rangka mengunjungi tanah lelulur. Etnis Mandailing di Malaysia sudah bermukim sejak sekitar 200 tahun lalu. Etnis Mandailing juga memiliki peran dalam dinamika politik pendirian negara Malaysia.

Meski data resmi belum ada, jumlah ettnis Mandailing di Malaysia saat ini berjumlah lebih dari 500.000 jiwa tersebar di berbagai negara bagian. Kinjungan muhibbah ke tanah lelulur ini sebagai bagian dari program PHMM memperkuat kembali hubungan antara etnis Mandailing Malaysia dengan saudara seetnisnya di tanah leluhur.

“Rombongan Mandailing Malaysia yang berjumlah sekitar 90 orang ini akan membaur dengan penduduk Alahan Kae, Ulu Pungkut. Di desa itu dilakukan “horja godang” (kenduri sekampung) lengkap dengan paluan gordang sambilan dan tor-tor. Malamnya dilakukan pertemuan dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan tokoh adat di rumah dinas bupati Madina,” ungkap Dahlan. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar