Home / Seputar Madina / Bupati Madina Desak Pemerintah Pusat Bantu Desa Terisolir

Bupati Madina Desak Pemerintah Pusat Bantu Desa Terisolir

 

BATANG NATAL (Mandailing Online/Antara) – Bupati Madina mengharapkan pemerintah pusat dan Pemprovsu turut menanggulangi anggaran pembukaan akses jalan ke desa-desa terisolir.

Itu dikatakanya menjawab wartawan kala meninjau sejumlah desa terisolir di Kecamatan Batang Natal, Jum’at (16/10).

Dalam kunjungan kerja itu turut serta beberapa anggota DPRD dan SKPD meninjau infrastruktur jalan di Desa Banjar Melayu dan beberapa perkampungan yang ada di sekitarnya seperti Torubar, Kopong Lombang, Banjar Dapdap, Pining Sudari, Aek Sisoma dan Kampung Baru.

Bupati Madina mengatakan peninjauan ini bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana nasib kehidupan masyarakat yang berada di beberapa daerah terpencil khususnya disekitar Desa Banjar Melayu terutama untuk infrastruktur jalan yang memiliki ratusan kepala keluarga.

“Selaku kepala Daerah saya sengaja melakukan peninjauan ini secara langsung yang selama ini sama sekali tidak tersentuh bangunan infrastruktur sehingga masih banyak masyarakat yang menelan kepahitan bila dibanding dengan daerah lain yang ada di Mandailing Natal,” katanya.

Dimana masyarakat harus menempuh perjalanan yang sangat memprihatinkan. Begitu juga dengan anak-anak untuk menimba ilmu terpaksa berjalan kaki sekitar lebih kurang 5 kilometer dengan melintasi hutan, bahkan beberapa perkampungan belum mendapat penerangan lampu.

Hal ini tidak dapat dibiarkan begitu lama lagi, beberapa perkampungan yang ada di Desa Banjar Melayu seperti Torubar, Kopong Lombang, Banjar Dapdap, Pining Sudari, Aek Sisoma dan Kampung Baru harus segera diperhatikan baik infrastruktur jalan, pendidikan dan kesehatan katanya.

Wartawan Antara yang mengukuti rombongan peninjauan itu melaporkan, rombongan harus memakai mobil off road sangat kesulitan menempuh jalur perjalanan unutuk dapat ke desa tujuan, meski diguyur hujan hingga malam hari dengan keadaan jalan tanah yang penuh lumpur.

“Terkait infrastruktur jalan pada PAPBD Madina tahun ini, sekitar 300 juta rupiah sudah saya upayakan untuk wilayah Desa Banjar Melayu dan tahun 2016 semuanya harus dapat dituntaskan agar rakyat ini mendapat keadilan jauh dari terisolir,” katanya.

“Meskipun begitu, bupati saya sangat mengharapkan perhatian bantuan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi khususnya untuk pembangunan infrastruktur jalan, khususnya di daerah terisolir yang ada di seluruh wilayah Mandailing Natal,” kata Dahlan.

Sumber: kantor berita Antara

Editor  : Dahlan Batubara

 

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar