Home / Seputar Madina / Bupati Madina Perintahkan Pencopotan Kadis Kesehatan

Bupati Madina Perintahkan Pencopotan Kadis Kesehatan

Drg Ismail Lubis

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution memerintahkan Sekretaris Daerah menyiapkan berkas pencopotan Drg.Ismail Lubis dari jabatan Kepala Dinas Kesehatan Madina.

Itu ditegaskan Dahlan Hasan di acara peresmian kios UMKM program Bank Indonesia di Taman Raja Batu, Rabu (9/5/2018).

“Hari ini saya perintahkan kepada Sekdakab Madina dan Bagian Kepegawaian agar menerbitkan surat pencopotan kepala Dinas Kesehatan. Dan surat pencopotannya harus sampai kepada saya sebelum Magrib sore ini,” tegas bupati.

Dia menyatakan bahwa dia melihat deking dan uang serta kedekatan pejabat dengannya, jika tak mampu bekerja harus diganti.

Perintah bupati itu terkait kegagalan Dinas Kesehatan Madina menjalankan fungsi menerbitkan rekomendasi kelayakan kesehatan terhadap sejumlah produk industri berbasis UMKM penyebab kegagalan penerbitan perizinan PIRT (Pangan Izin Rumah Tangga).

Kegagalan penerbitan rekomendasi itu menyababkan banyak pengusaha UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Madina terseok-seok mengembangkan usaha.

Suatu produk makanan yang diproduksi usaha skala UKM memerlukan perizinan PIRT agar boleh dijual ke masyarakat luas. Sebelum penerbitan perizinan PIRT dibutuhkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan bahwa produk tersebut layak dikonsumsi konsumen.

Sementara itu, berdasar informasi yang diperoleh di lingkungan Pemkab Madina, setidaknya produk kerupuk, kripik, saos dan bubuk kopi gagal dipasarkan oleh sejumlah pengusaha UMKM akibat tak memiliki perizinan PIRT.

Belum diketahui, apakah Sekda Madina Syafei Lubis telah menyiapkan berkas pemberhentian Drg. Ismail Lubis atau belum.

Peliput : Dahlan Batubara

 

 

 

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar