Home / Seputar Madina / BUPATI MINTA BANTUAN BASARNAS

BUPATI MINTA BANTUAN BASARNAS

Seputar Tambang Runtuh Huta Bargot

bupati tinjau tambang 060213

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Kesulitan yang dialamai tim penyelamat dari Mandailing Natal menyebabkan evakuasi korban dari lobang tambang yang runtuh di Huta Bargot belum berhasil.

Terkait itu, Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara sudah meminta bantuan Barnas (Badan SAR Nasional) untuk melakukan evakuasi korban dari lobang tambang emas yang diperkirakan sedalam 120 meter di bawah tanah.

”Kita sudah kontak Tim Basarnas, mungkin sore ini atau nanti malam akan sampai dan langsung melakukan evakuasi,” kata bupati, Rabu (6/3) di Huta Bargot didampingi Kapolres Madina AKBP Ahmad Fauzi Dalimunthe Sik serta Dandim 0212/TS Letkol Inf. AT Chrishardjoko.

Musibah runtuhnya lobang tambang itu, kata bupati sungguh sangat menyanyat hati. Pemkab Madina bertanggung jawab menginventarisasi jumlah dan mengevakuasi korban dalam musibah runtuh tambang batu emas liar itu.

”Kerjasamanya kita dengan Basarnas ini dikarenakan adanya jumlah korban yang simpang siur yang saya terima baik lewat telepon, SMS mengatakan jumlah korban ada yang 50 orang, 30 orang serta 20 orang seperti tadi dari laporan camat 2 ditemukan namun sampe saat ini tidak ada,” katanya.

Namun, lanjut bupati, saat ini konsentrasi semua pihak harus tertuju pada upaya evakuasi korban, bukan asyik berdebat soal jumlah korban. yang harus dituntaskan adalah evakuasinya. Karena hal itu yang dibutuhkan pihak keluarga saat ini.

”Kalau proses hukum nantinya, itu wilayah kewenangan pihak kepolisian,” ujarnya menyahuti persoal para pemodal yang membuka lobang tambang itu.

Di sisi lain, bupati menghimbau kepal keluarga yang kehilangan anggota keluarga agar segera melaporkan ke posko yang dibuka di kelurahan, kantor kepala desa dan kantor camat, sehingga jumlah korban bisa teridentifikasi dengan baik.(dab)

Comments

Komentar Anda

2 comments

  1. Usut Tuntas siapa oknum yang membekingi tambang liar

  2. basarnas ngak berani masuk lobang takut MATI

Silahkan Anda Beri Komentar