Home / Seputar Madina / Dahlan Hasan Siap Mundur Jika Gagal Soal Sorikmas Mining

Dahlan Hasan Siap Mundur Jika Gagal Soal Sorikmas Mining

NAGA JUANG (Mandailing Online) – Plt Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution menyatakan dengan tegas bahwa dia sudah bertekad akan mengundurkan diri dari jabatannya jika dia gagal menyelesaikan permasalahan antara rakyat dengan PT.Sorikas Mining.

Hal ini diungkapkan Plt Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution pada pertemuan antara muspida dengan tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Naga Juang di balai Kantor Camat Naga Juang, Senin (3/3/2014).

Sejauh ini beberapa item telah diperjuangkannya kepada pemerintah Indonesia terkait harkat dan martabat rakyat Madina di mata PT. Sorikmas Mining.

Item-item itu meliputi penciutan luas wilayah kontrak karya. Porsi saham daerah sebesar 10 persen, dimana 5 persen diberikan kepada masyarakat di desa-desa ring tambang.

Kemudian CSR (Corporat Social Resfonsibility) harus berdasarkan program-program yang ditentukan masyarakat. Penanganan perbukitan Sambung.

Selain beberapa poin tersebut, negosiasi antara Pemkab Madina dengan pemerintah Indonesia juga menyangkut amdal dan legalisasi tambang rakyat di wilayah yang akan dilepaskan Sorikmas Mining.

“Dulunya saya bersedia mencalonkan diri sebagai wakil bupati karena alasan 3 hal. Pertama ingin menyelesaikan persolan daerah dengan Sorikmas Mining ini. Kedua masalah hutan lindung. Ketiga soal lahan warga yang dirampas pengusaha,” katanya tegas.

Dahlan Hasan menyatakan bahwa dia telah banyak mengorbankan waktu dan dana dalam perjuangan meningkakan harkat rakyat dan daerah ini dihadapan pemerintah pusat dan PT.Sorikmas Mining.

Oleh karena itu, Dahlan Hasan menyatakan dengan tegas bahwa dia sudah bertekad mengundurkan diri dari jabatannya jika dia gagal menyelesaikan permasalahan antara daerah, rakyat dengan PT.Sorikas Mining.

Dia juga mengajak warga bersyukur karena semua unsur muspida selama proses perjuangan itu telah bersatu dan satu sikap dihadapan pemerintah pusat.

Dia meminta masyarakat agar bersatu dengan pemkab dan muspida dalam menghadapi dinamika terkait kehadiran kontrak karya tambang tersebut.

Dahlan Hasan menyatakan, kelak jika dia telah pensiun, apa-apa yang diperjuangkannya saat ini jangan sampai kembali berubah kelak. Makanya dia menekankan kepada semua pejabat terkait di Pemkab Madina agar tidak main-main mengaplikasikan semua hasil yang dicapai.

Dahlan Hasan meminta pejabat di Dinas Pertambangan serta pejabat terkait lainya harus benar-benar menjalankan tugas dan tangungjawab sebagai pelayan rakyat. Ledakan polemik di tengah-tengah masyarakat atas kehadiran PT.Sorikmas Mining selama ini akibat akumulasi penderitaan rakyat selama belasan tahun tanpa ada kepastian penyelesaiannya.

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar