Home / Seputar Madina / Dana Pilkada Madina Butuh 20 Milyar

Dana Pilkada Madina Butuh 20 Milyar

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pemkab Mandailing Natal (Madina) menyatakan kesiapannya menampung anggaran dana Pilkada Madina yang direncanakan berlangsung bulan Desember 2015.

Itu diketahui dalam rapat kordinasi antara Pemkab Madina dengan KPU Madina, Senin (23/2) membahas persiapan Pilkada Madina. Dalam rapat itu apihak KPU menghitung anggaran dana menelan sekitar 20 milyar.

Berdasar revisi UU nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada, ada penambahan daerah yang ikut pada pelaksanaan Pilkadan serentak tahun 2015.

Dalam revisi UU nomor 1 tahun 2015 disebutkan bagi daerah yang masa jabatan kepala daerah habis pada semester pertama 2016, maka ikut pada Pilkada serentak tahun2015. Kabupaten Madina bertepatan berakhir masa jabatan kepala daerahnya bulan Juni.

Ketua KPU Madina, Agus Salam Nasution menjawab wartawan usai menghadiri rapat kordinasi itu menyatakan kesiapan Pemkab Madina untuk menampung anggaran Pilkada dalam APBD yang  diambil dari Silpa.

Sementara untuk pengalokasian anggaran dari Silpa tersebut menurut Agus Salam tidak perlu lagi mendapat persetujuan dari DPRD. Hal ini sesuai dengan surat dari Mendagri agar setiap kabupaten/kota mengangarkan dana Pilkada di APBD tanpa harus menunggu persetujuan dari DPRD.

“Ini bertujuan tentu untuk keberlangsungan Pilkada serentak, sehingga yang belum menampung anggaran dalam APBD boleh diambil dari Silpa,” jelasnya.

Sedangkan untuk besaran anggaran, katanya, dalam pertemuan itu belum ada berapa nominalnya, namun pihaknya akan berupaya memfinalkan dalam waktu dekat ini.

“Kita memang sudah membuat usulan anggaran 20 milyar, hanya saja itu masih perlu dilakukan beberapa perubahan di sana sini, sehingga belum ada ketentuan, yang terpenting pemkab sudah menyatakan kesiapannya,” katanya.

Peliput : Maradotang Pulungan

Editor  : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar