Home / Berita Nasional / DanaTak Cukup, Kontingen Porsadin Sumut Dimungkinkan Gagal Berangkat ke Tingkat Nasional

DanaTak Cukup, Kontingen Porsadin Sumut Dimungkinkan Gagal Berangkat ke Tingkat Nasional

Kontingen Madina yang meneyabet Juara Umum Porsadin Sumut 2017. Kontingen ini harus berangkat ke tingkat nasional, namun terbentur dana

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Kontingen Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) dari Sumatera Utara dimungkinkan gagal berangkat ke ajang nasional di Pasuruan, Jawa Timur.

Kemungkinan gagal itu diakibatkan oleh ketidakseriusan pemerintah daerah menyediakan biaya.

Sebanyak 5 orang dalam kontingen yang akan ke tingkat nasional itu berasal dari Mandailing Natal (Madina) yang tampil menjadi juara umum pada Porsadin Sumut Oktober lalu. Beberapa lainnya dari Medan dan kabupaten lain.

“Dananya tak cukup, makanya kita khawatir gagal berangkat. Ini akan merugikan Sumut,” kata Sekretaris Dewan Pengurus Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Mandailing Natal, Muhammad Ludfan Nasution menjawab Mandailing Online, Kamis (9/11/2017) di Panyabungan.

Ludfan menyatakan, kontingen wajib berangkat pada 14 November 2017 ke Pasuruan, karena jadwal pertandingannya dimuai sejak 16 hingga 19 Nvember.

Hingga kini, Pemprovsu hanya menyediakan dana untuk biaya kontingen 5 orang yang dari Madina. Tidak ada biaya untuk official.

“Masalahnya orangtua masing-masing eserta tak mengizinkan jika tak didampingi official. Lagian, tak mungkin tak didampingi official karena peserta ini umumnya masih usia sekolah menengah,” ujar Ludfan.

FKDT Madina pun sebenarnya sudah berupaya melobi pihak Pemerintah Kabupaten Madina, tetapi juga tak ada anggaran biaya.

Memang diperloleh sebesar Rp 5 juta, itupun sumbangan informal dari pejabat di Madina.

“Tetapi, itu juga tak cukup, sebab minimal jumlah official harus 2 orang. Normalnya memang 4 orang,” ungkap Ludfan.

Sekedar diketahui, juara-juara I Porsadin Sumut yang diborong Madina pada Oktober lalu adalah : Lari Putri atas nama Nafisah. 2) Pidato Bahasa Indonesia Putra atas nama Abdul Razak. 3) Puisi Islami Putra atas nama Dzikri Alfaiz Padwananda, 4) Hafizh Juz 30 Putri atas nama Ainun Qolbi.

Selanjutnya, kontingan Madina juga mencetak rekor Juara II untuk : 1) Cerdas Cermat atas nama Riski Amelia, Raniya Najwa dan Ahmad Husein. 2) Murottal wal Imlak Putra atas nama Rafly Husein Batubara. 3) Murattal Putri atas nama Suci Fadilah, 4) Pidato B. Arab Putri atas nama Erisa Rayanti.

 

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar