Home / Seputar Madina / Desa Huraba Menggelar Magrib Mengaji

Desa Huraba Menggelar Magrib Mengaji

Siabu (Mandailing Online) – Desa Huraba Kecamatan Siabu, Mandailing Natal menggelar Magrib Mengaji di mesjid raya Al Istiqomah.

Pelaksanaan Magrib Mengaji ini dilakukan setiap malam dengan peserta para anak-anak desa yang diasuh oleh guru mengaji. Materi pengajian adalah mempelajari membaca huruf arab dan Al-Qur’an.

Nazir mesjid Raya Al Istiqomah Desa Huraba, Abdul Halim Pulungan, Minggu (3/11) menyatakan kegiatan ini bagian dari mendukung program pemerintah daerah.

“Begitu ada program pemerintah tentang magrib mengaji, kita langsung melaksanakan magrib mengaji di mesjid ini,” katanya.

Dijelaskannya, sebelum pelaksanaan Magrib Mengaji ini, sudah ada juga pengajian anak-anak di desa itu di waktu magrib hingga waktu isya, namun hanya di rumah-rumah warga tertentu.

“Sekarang ini kita himbau agar anak-anak yang ada di desa ini untuk mengaji di mesjid ini, hal ini untuk melatih anak-anak kita sebagai generasi penerus untuk lebih mencintai mesjid, dan menanamkan keimanan pada jiwa mereka,” ujarnya.

Selain mempelajari baca Qur’an, Magrib Mengaji juga berfungsi meminimalisir anak-anak berkeliaran pada malam hari.

“Guru mengajinya didanai dari swadaya masyarakat, untuk itu diharapkan kepada Pemkab Mandailing Natal dapat membantu masyarakat untuk menopang gaji para guru mengaji anak-anak tersebut,” harapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Huraba, Daliono mengatakan bahwa gerakan Magrib Mengaji ini merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat sangat mendukung program pemerintah, sehingga apa yang direncanakan oleh pemerintah tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar