Home / Pendidikan / Diknas se-Sumut Sepakati Percepatan Pembangunan Pendidikan

Diknas se-Sumut Sepakati Percepatan Pembangunan Pendidikan


MEDAN :Dinas Pendidikan se-Sumatera Utara beserta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten/kota menyepakati sebelas rekomendasi dalam upaya percepatan peningkatan kualitas pendidikan di provinsi itu.

“Kami menyepakati sebelas rekomendasi hasil rapat koordinasi Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara dalam melakukan percepatan peningkatan kualitas pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Syaiful Safri, usai menutup pelaksanaan Rapat Koordinasi Disdik Sumut dengan Disdik kabupaten/kota, di Medan, Rabu 24 November 2010.

Kesebelas hasil kesepakatan tersebut antara lain, fungsi Disdik Sumut sejak 2010 sampai tahun berikutnya adalah melakukan pembinaan dan koordinasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan percepatan peningkatan mutu pembelajaran.

Oleh karena itu setiap kabupaten/kota diharapkan memberikan informasi-informasi secara cepat dan akurat berupa data tentang sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, siswa dan data guru yang telah lulus sertifikasi dan yang belum menerima tunjangan profesi dalam rangka penyusunan program Disdik Sumut tahun 2011.

Kemudian, salah satu strategi peningkatan mutu pembelajaran adalah dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, hal ini akan menjadi fokus kegiatan dinas kabupaten/kota maupun Disdik Sumut dalam rangka mewujudkan pendidikan di Sumut pada 2012 berbasis digital.

Selain itu, pada tahun pelajaran 2011/2012 akan berdiri SMKN Teknologi Internasional Sumatera Utara di Medan dengan jurusan yang akan dibuka adalah jurusan teknologi yang berorientasi kepada peluang kerja lulusan.

Para siswa yang diterima adalah siswa yang berprestasi dan diseleksi dari setiap kabupaten/kota. Untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu di Sumut, kabupaten/kota yang mengirimkan siswa akan menanggung biaya personal siswa yang diatur dalam petunjuk operasional.

Sedangkan dalam rangka program sekolah binaan, diharapkan kepada kabupaten/kota segera mengusulkan nama sekolah SD, SMP, SMA dan SMK masing-masing satu sekolah tiap jenjang satuan pendidikan untuk ditetapkan sebagai sekolah binaan Disdik Sumut.

“Kita harapkan dengan kesebelas kesepakatan tersebut, kualitas peserta didik kita ke depannya dapat lebih meningkat lagi,” katanya.

Ia mengatakan, langkah-langkah percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Sumut tersebut yaitu mengejar ketertinggalan dan memperbaiki berbagai sisi dalam pengelolaan pendidikan yang selama ini dianggap lemah.

“Metodenya, mana yang lemah itu akan terus ditingkatkan, kemudian sarana apa yang diperlukan itu harus dikembangkan. Jadi harapan kita pada 2011 nanti, kita jadikan sebagai era kebangkitan percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Sumut,” katanya.(an)
Sumber : Ekspos News

Comments

Komentar Anda