Home / Seputar Madina / Dinas Kependudukan Dimutilasi, 3 SKPD Baru Diciptakan

Dinas Kependudukan Dimutilasi, 3 SKPD Baru Diciptakan

Logo Pemkab Madina

Logo Pemkab Madina

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pemkab Mandailing Natal saat ini menunggu pengesahan Susunan Organisasi Perangkat Daerah dari Biro Otda Sumatera Utara.

Perubahan Susunan Organisasi Perangkat Daerah itu sebelumnya telah direkomendasikan oleh DPRD Mandailing Natal (Madina) pada Jum’at (30/9) lalu dalam rapat paripurna berdasar berdasar laporan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Madina.

Di dalam laporan Pansus yang direkomendasikan itu, Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Taransmigrasi, Sosial dan Tenaga Kerja dimutilasi menjadi empat SKPD, yakni, 1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, 2. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, 3. Dinas Sosial, 4. Dinas Tenaga Kerja.

Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dirubah menjadi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak.

Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa dirubah menjadi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata dipecah menjadi dua SKPD, yakni, 1. Dinas Pemuda dan Olah Raga, 2. Dinas Pariwisata.

Dinas Pertanian dan Peternakan dirubah menjadi Dinas Pertanian. Sementara Peternakan-nya belum diketahui nasibnya.

Badan Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan dirubah menjadi Dinas Lingkungan Hidup. Kebersihan dan Pertamanan belum diketahui.

Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah diturunkan menjadi Badan Keuangan. Sementara Badan Ketahanan Pangan dirubah statusnya menjadi Dinas Ketahanan Pangan.

Dinas Pekerjaan Umum berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Dinas Perhubungan dan Informasi dan Komunikasi dipecah menjadi dua SKPD, yakni 1. Dinas Perhubungan, 2. Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik.

Kantor Pelayanan Tepadu Satu Pintu dirubah menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Dinas Perindustrian Perdagangan, Pasar, Koperasi dan UKM dimutilasi menjadi dua SKPD, yakni, 1.Dinas Perdagangan, 2. Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah.

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah ditingkatkan statusnya menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sementara itu, terdapat tiga SKPD baru yang belum pernah ada selama ini di Mandailing Natal, yakni 1. Dinas Pertanahan, 2. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, 3. Badan Penelitian dan Pengembangan.

Peliput : Maradotang Pulungan

Editor    : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar