Home / Pendidikan / Disdik Madina Sosialisasi Peraturan UN

Disdik Madina Sosialisasi Peraturan UN

Panyabungan. Dinas Pendidikan (Disdik) Mandailing Natal (Madina) mensosialisasikan aturan soal ujian nasional tahun ajaran 2011/2012, di aula SMKN 2 Panyabungan, Kamis (2/2). Kegiatan itu diikuti 171 peserta dari SMP, MTs, SMA, MA, SMK.
Acara dibuka Kadisdik H Imron Lubis, dengan narasumber Erwin Ahmad menyampaikan materi kisi-kisi UN, Mustamin membahas Permendikbud dan peraturan operasional standar (POS) UN, serta Drs H Muksin Batubara MPd.

Imron mengharapkan para kepala sekolah optimis dalam pelaksanaan UN 2012.
“Saya harapkan kita sebagai pelaksana UN tetap optimis akan keberhasilan siswa seperti tahun-tahun sebelumnya. Jangan pesimis, karena semua ini untuk perbaikan pendidikan di Madina. Harapan saya agar prestasi lebih meningkat untuk menjadikan Madina menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya,” Imron.

Menurut Imron, sudah menjadi tugas bersama mendidik para siswa mampu mandiri, tidak cengeng. Tugas kepala sekolah selalu memonitoring guru- mata pelajaran yang di-UN-kan. Sejauh mana persiapan siswa mengikuti UN.

“Pelaksanaan UN ini sangat ketat, sehingga soal-soal ujian dikawal aparat. Harapan saya, pelaksanaan UN di Madina berlangsung tepat dan mantap,” imbuhnya.

Kabid Dikmenum Disdik H Mustamin SPd MM dalam arahannya mengatakan, dalam menghadapi UN harus teguh dan ikhlas, sehingga keberhasilan tahun lalu bisa dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan.

Ketua panitia sosialisasi yang juga Kasi Kurikulum SLTP-SLTA Disdik Madina, H Mutia Raja SPd menjelaskan, kegiatan ini untuk menyampaikan POS UN 2012 dan Permendikbud No 59/2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik.

Menurutnya, kriteria kelulusan UN diperoleh dari nilai gabungan antara nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan nilai UN, dengan pembobotan 40%: 60%.

“Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua ninai minimal 5,5 dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0”, sebut Mutia. (zamharir rangkuti.medanbisnis)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.