Home / Seputar Tapsel / Distan Palas akan Panen Raya Benih Padi Varietas Unggul

Distan Palas akan Panen Raya Benih Padi Varietas Unggul

Palas. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Padang Lawas (Palas) diproyeksikan akan panen raya benih padi varietas unggul dari lokasi penangkaran benih padi Distan Palas di atas lahan seluas sekitar 7 hektar (Ha). Panen raya tersebut rencananya dilakukan tanggal 22 Oktober 2014 di Balai benih (BB) Balangka Sitongkon, Kecamatan Lubuk Barumun.
“Saat ini usia benih padi sudah memasuki 100 hari, pada usia 120 hari atau pada tanggal 22 Oktober mendatang, diperkirakan benih padi sudah cukup matang dan siap untuk dipanen. Rencananya panen raya nanti akan dilakukan oleh Bupati Palas, mengingat Bupati Palas sudah melakukan peninjauan ke lokasi penangkaran benih ini,” ujar Kadistan Palas Ir H Abdullah Nasution kepada MedanBisnis, Rabu (1/10).

Dijelaskannya, jenis benih padi varietas unggulan yang ditangkarkan ada dua jenis, yaitu, jenis benih padi varietas unggul mekongga dan cibogo, menggunakan sistem tanam legowo 4 : 1 serta penerapan intensifikasi pertanian secara maksimal.

Diproyeksikan, hasil panen benih padi dari lokasi penangkaran ini rata-rata akan mencapai hasil produksi 7 ton benih padi perhektare atau seberat 49 ton benih padi untuk total luas areal 7 ha. Bila perhitungan kebutuhan benih padi sebanyak 25 kilogram perhektar, maka hasil panen benih padi nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan benih padi pada areal persawahan seluas 1.000 ha.

“Benih padi varietas unggulan mekongga dan cibogo ini, merupakan benih padi yang berlabel putih sehingga dapat dilakukan penangkaran dua hingga tiga kali. Diharapkan kegiatan penangkaran benih padi dengan varietas unggulan ini dapat terus digalakkan oleh para petani di daerah Palas,” ujarnya.

Sumber : medanbisnis

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar