Home / Seputar Madina / DPRD Pertanyakan Dana Kesehatan Warga Miskin 5 Milyar

DPRD Pertanyakan Dana Kesehatan Warga Miskin 5 Milyar

kesehatan gratis 030113PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Kebijakan Pemkab Mandailing Natal (Madina) meningkatkan alokasi anggaran kesehatan untuk warga miskin menjadi 5 Milyar Rupiah, mulai dipertanyakan pihak DPRD Madina.

Peningkatan anggaran kesehatan untuk warga miskin ini merupakan implementasi visi misi Hidayat-Dahlan dalam hal kesehatan gratis di Kabupaten Mandailing Natal yang secara teknis diterapkan dengan sistem Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda.

Dana yang sebesar Rp.5 milyar itu dialokasikan di RSUD Panyabungan sebesar Rp. 4,5 milyar dan Rp.500 juta untuk Rumah Sakit Umum Natal.

Fraksi Golkar Plus dalam naskah pandangan umum terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2013 di ruang paripurna DPRD Madina, Kamis (3/1), meminta agar Pemkab Madina menjelaskan anggaran kesehatan yang diperuntukkan kepada masyarakat miskin itu.

“Fraksi Golkar Plus mempertanyakan apa dasar hukum dan payung hukum yang digunakan untuk kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat miskin ini. Bagaimana metode serta teknis pelaksanaan di lapangan serta apa keterlibatan Dinas Kesehatan dalam program tersebut,” kata Wildan Nasution yang membacakan pandangan Fraksi Golkar.

Wildan mencontohkan program Jamkesmas, yang dilakukan pemerintah pusat, untuk pelayanan Puskesmas mengunakan metode atau sitem paket, sedangkan untuk pelayanan rumah sakit Umum menggunakan metode INA CBGS.

“Jadi kita tidak mengetahui metode apa yang dipergunakan dalam pelaksanaan Jamkesda ini,seharusnya diperlakukan identik atau sama dengan program Jamkesmas untuk menghindari diskriminasi,”kata Wildan.

Minimal kata Wildan, untuk menghindari pelanggaran hukum perlu regulasi paling tidak mencakup mekanisme kepesertaan,klaim dan mekanisme penggunaan anggaran serta Tim pananggulangan kemiskinan daerah terlibat.

Di sisi lain, Fraksi Golkar juga meminta Pemkab Madina untuk segera membangun Poskesdes Desa Tangsi Atas Kecamatan Lingga Bayu dan di Desa Gonting Kecamatan Ranto Baek, di Desa Adangkahan Aek Putih Kecamatan Batang Natal serta di Desa Simpang Duhu Lombang Kecamatan Ulu Pungkut. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar