Home / Berita Sumut / DPRD Segera Paripurnakan Provinsi Sumteng

DPRD Segera Paripurnakan Provinsi Sumteng


MEDAN :
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara dalam waktu dekat akan membawa usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara ke rapat paripurna.

“Segera akan kita bawa ke rapat paripurna karena pimpinan DPRD Sumatera Utara (Sumut) telah menerima kelengkapan berkas usulan pembentukan provinsi baru ini dari pihak pemrakarsa,” ujar Wakil Ketua DPRD Sumut Kamaluddin Harahap di Medan, Minggu 10 April 2011.

Menurut dia, berkas usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sumtra) tersebut diterima Plt Ketua DPRD Sumut Sigit Pramono Asri di Medan, Jumat (8/4), diserahkan sejumlah pemrakarsa di antaranya Pardamean Daulay, M Ali Syahruddin Siregar, Zulkifli Ritonga, dan Sahala Pane.

Berkas yang diterima terdiri atas dukungan dan rekomendasi dari Badan Perwakilan Daerah (BPD), para kepala desa, kepala dusun, pimpinan DPRD, serta organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakat di lima kabupaten/kota yang berencana membentuk provinsi baru.

Kelima kabupaten/kota itu masing-masing Kabupaten Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Kabupaten Tapanuli Selatan serta Kota Padang Sidempuan.

“Berdasarkan kelengkapan berkas usulan yang kita terima, sepertinya pembentukan Provinsi Sumtra memang atas keinginan mayoritas masyarakat di lima kabupaten/kota itu,” kata Kamaluddin Harahap.

Menurut dia, DPRD Sumut merespon upaya pembentukan provinsi baru sepanjang memenuhi prosedur dan syarat yang ditentukan.

“Berkas usulan pembentukan Provinsi Sumtra selanjutnya akan kita bahas di tingkat pimpinan Dewan bersama pimpinan fraksi, selanjutnya dibawa ke Badan Musyawarah untuk menentukan jadwal rapat paripurna,” katanya.

Kamaluddin Harahap berharap pembentukan provinsi baru itu berjalan dengan aman dan lancar tanpa kendala berarti.

Bahkan, menurut dia, selain kelima kabupaten/kota yang telah menyampaikan usulan, pihak pemrakarsa juga telah menjajaki kemungkinan bergabungnya sejumlah kabupaten lain ke dalam provinsi baru tersebut, seperti Kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan dan Kabupaten Labuhan Batu Utara.

“Sejauh ini ketiga kabupaten itu telah menyatakan kesediaan untuk bergabung ke dalam Provinsi Sutra, sehingga usulan bagi terbentuknya provinsi baru ini semakin kuat,” kata Kamaluddin Harahap. (an)
Sumber : Eksposnews

Comments

Komentar Anda