Home / Seputar Tapsel / Dua Lokasi Lahan Terbakar

Dua Lokasi Lahan Terbakar

Lahan konsesi TPL di Simarsarasara yang terbakar. (foto : Metro Tabagsel/Amran Pohan)

Lahan konsesi TPL di Simarsarasara yang terbakar. (foto : Metro Tabagsel/Amran Pohan)

TAPSEL dan PALUTA (Mandailing Online) –  Dua lokasi lahan mengalami kebakaran di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Di Tapsel, kebakaran terjadi di lahan konsesi PT Toba Pulp Lestari (TPL) di Simarsarasara, Desa Batangtura Julu, Kecamatan Sipirok, sejak Selasa hingga Rabu (12,13/7/2016).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengerahkan dua unit kendaraan dan regu pemadam kebakaran.

Pihak BPBD Tapsel Ahmad Ibrahim Lubis dikutip Harian Metro Tabagsel mengatakan, sedikitnya 30 hektare lahan yang merupakan konsesi PT Toba Pulp Lestari terbakar. Belum diketahui asal api, namun di areal tersebut terdapat banyak pembukaan lahan untuk perkebunan.

Sementara itu, belasan hektare lahan gambut di Lingkungan VI Paranginan, Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak terbakar, Minggu (10/7) sekitar pukul 13.00 Wib.

Lahan gambut yang sudah mengering menyebabkan api dengan cepat menjalar. Warga yang tinggal di Perumahan Toridho Indah sempat dibuat panik, mengingat lahan kosong yang terbakar berada di belakang pemukiman warga.

Sebelum api merembes ke perumahan penduduk, tiga unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi kejadian berhasil mengendalikan si jago merah.

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran. Dugaan sementara api bersumber dari bekas bakaran sampah.

Sumber : Metro Tabagsel

Editor  : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar