Home / Berita Sumut / Ekonomi Dunia Masih Pengaruhi Harga Karet Alam

Ekonomi Dunia Masih Pengaruhi Harga Karet Alam

SUMUT (Mandailing Online) – Harga karet di pasar ekspor terus melemah dalam dua bulan terakhir. Ini terjadi akibat perlambatan ekonomi dunia yang mengakibatkan permintaan karet ikut berkurang. Sehingga, pabrikan juga mengikuti perkembangan pasar dengan menurunkan harga beli dan harga jual.

Sekretaris Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Sumatra Utara Edy Irwansyah menggambarkan, pada akhir Mei lalu harga sempat menyentuh sekitar US$2,48 per kilogram di Bursa Singapura, sebulan sebelumnya masih di kisaran US$4,5 per kilo gram.

Sementara itu, Balai Penelitian Sembawa pada ekspos, Kamis (20/6/2013) menyebutkan harga karet kering (kadar 100 persen) sekitar 21.200 rupiah per kilo gram di Palembang. Di Jambi 20.900 rupiah per kilo gram. Di Pontianak sekitar 21. 400 per kilo gram.

Di sisi lain, Fitria Kurnia, Kepala Seksi Hasil Pertanian dan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, mengatakan realisasi ekspor karet masih didominasi ke Jepang, Amerika Serikat, China, Korea Selatan dan Kanada. (dab)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar