Home / Artikel / Enterpreneur dari Kampoeng Kaos dan SMA Negeri 2 Plus

Enterpreneur dari Kampoeng Kaos dan SMA Negeri 2 Plus

Pimpinan Kampoeng Kaos Madina, Sobir Lubis menyampaikan paparan di hadapan para siswa SMAN 2 Plus saat study ke Kampoeng Kaos Madina, Senin (20/8/2018)

 

Oleh : DAHLAN BATUBARA
Jurnalis

 

Masa depan yang gemilang itu ada di sektor enterprenur (wirausahawan atau pengusaha).

Selain sejahtera secara finansial, pengusaha juga sangat berjasa dalam menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas. Alhasil, seorang pengusaha berjasa menyelamatkan para pengangguran.

Lebih dari itu, pengusaha adalah pihak yang berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian suatu daerah.

Berdasar itu, cita-cita para generasi muda harus dibelokkan dari visi pegawai atau karyawan ke arah visi menjadi pengusaha. Dari mental penerima gaji menjadi mental pemberi gaji.

Pembelokan visi itu sangat urgen masa kini, mengingat angka pengangguran sudah mengkhawatirkan; mengingat generasi muda yang selalu berjubel di setiap even penerimaan PNS atau banyaknya generasi muda yang membawa map  ijazah mencari lowongan kerja.

Data HIPMI tahun 2018 mencuatkan angka betapa jumlah enterpreneur di Indonesia sangat rendah yakni 3 persen. Malaysia, Singapore dan Thailand sudah diatas 4 persen. Negara-negara maju yang sudah mencapai 14 persen.

Pengangguran dapat diminimalisir jika perusahaan tumbuh di mana-mana, baik perusahaan kecil sekelas home industri atau industri yang sedang-sedang saja atau industri sedang bahkan industri besar.

Dan lagi, pengangguran dapat diminimalisir jika perusahaan tumbuh di mana-mana, baik perusahaan yang bergerak di segmen jasa, perdagangan, agrobisnis atau agro indutri.

Semua itu dapat dikejar jika semua pihak berupaya melakukan langkah-langkah bagi perubahan pradigma, perubahan visi, perubahan mental di kalangan generasi muda.

Oleh karena itu, sangat dijempoli kebijakan pimpinan SMA Negeri 2 Plus Panyabungan yang membawa para siswanya mengunjungi Kampeong Kaos Madina pada  Senin, 20 Agustus 2018.

Para siswa dijelaskan tentang seluk beluk pembuatan berbagai macam produk cangkir, asbak dan mangkok berbahan baku batang kelapa. Dan itu diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman  siswa bahwa dunia enterpreneur adalah harapan masa depan.

Kita meyakini, beberapa siswa akan mengalami perubahan visi, mengingat paparan yang mereka terima langsung dari pimpinan Kamoeng Kaos Madina, Sobir Lubis yang sudah terkenal sebagai seorang enterpreneur muda di Mandailing Natal.

Mungkin, bagi sebagian orang, kunjungan siswa SMA Negeri 2 Plus Panyabungan ini hanya sebatas study biasa. Tidak !! output kunjungan memiliki dampak yang berdimensi luas. Paling tidak beberapa diantara mereka kelak akan tumbuh menjadi pengusaha yang akan menyelamatkan belasan atau puluhan bahkan ratusan pengangguran di Mandailing Natal.***

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.