Home / Seputar Madina / Fakrizal Efendi Nasution Reses di Panyabungan, Timbulkan Kesadaran Pentingnya Putra Daerah di DPRD Sumut

Fakrizal Efendi Nasution Reses di Panyabungan, Timbulkan Kesadaran Pentingnya Putra Daerah di DPRD Sumut

Fakhrizal Efendi Nasution menyalami kaum ibu di Huta Lombang Lubis, Panyabungan. Inzet atas Rajab Nasution. Inzet bawah Syafi’i Lubis

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Keberadaan putra daerah Mandailing Natal di lembaga DPRD Sumut kian terasa sebagai kebutuhan urgen, karena lebih memahami kondisi dan aspirasi rakyat setempat sebagai kampung halamannya.

Putra daerah yang dimaksud adalah figur yang lahir, besar dan tinggal di Mandailing Natal. Figur seperti ini, selain lebih memahami situasi daerahnya, juga memiliki beban kewajiban dan beban moral untuk menyalurkan aspirasi dan kebutuhan rakyat setempat selaku konstituen yang memilihnya.

“Dengan kata lain, putra daerah itu lebih menyatu dengan kondisi daerahnya. Merasa memiliki tanggungjawab moral kepada kampung halamannya,” kata tokoh pemuda Panyabungan, M. Syafii Lubis alias Paet kepada Mandailing Online di sela acara Reses  Anggota DPRD Sumut, Fakhrizal Efendi Nasution melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa Huta Lombang Lubis, Panyabungan, Mandailing Natal, Kamis (5/10/2017).

Ratusan warga hadir di pertemuan itu menyampaikan aspirasi. Pertemuan itu merupakan rangkaian kegiatan Reses Fakrizal Efendi Nasution di Daerah Pemilihan Sumut 7 dari Partai Hanura tanggal 3 hingga 5 Oktober 2017.

Dia dilantik menjadi anggota DPRRD Sumut pada Ramadan lalu.

Selain dihadiri warga, juga hadir para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta kaum ibu.

Paet menambahkan, sebaliknya, figur yang bukan putra daerah Mandailing Natal atau figur yang berkategori keturunan Mandailing Natal tak akan menguasai secara tepat pemahaman terhadap kondisi dan aspirasi rakyat setempat, juga lemah dalam hal beban moral bagi konstituennya.

“Reses Pak Fakhrizal Efendi Nasution ini menimbulkan kesadaran baru bagi kita di Madina, bahwa figur lokal Madina yang duduk di DPRD Sumut justru lebih bermanfaat bagi kita ketimbang figur dari kabupaten lain,” katanya.

Disebutkannya, Kabupaten Madina terasuk kabupaten/kota terbesar jumlah pemilihnya untuk Daerah pemilihan Sumut II (Palas, Paluta, Psp, Tapsel, Madina), namun, yang duduk di DPRD Sumut dari Dapil 7 justru didominasi figur luar Madina.

“Ini keprihatinan kita. Oleh karenanya, jika figur putra daerah lebih banyak yang duduk di DPRD Sumut, seperti pak Fakhrizal Efendi Nasution ini alangkah tingginya manfaat yang dirasakan penduduk Madina selaku pemilih terbanyak di Sumut II,” imbuhnya.

Sementara itu, tokoh adat Desa Huta Lombang Lubis, M.A Rajab Nasution gelar Sutan Lombang, kepada Mandailing Online menyatakan, bahwa kehadiran  Anggota DPRD Sumut Fakhrizal Efendi Nasution di desa itu sangat besar nilainya bagi warga.

Sebab, seingat dia, sebelum ini belum ada anggota DPRD Sumut datang ke kawasan itu, padahal rakyat di kawasan ini adalah selalu peserta pemilih untuk DPRD Sumut.

“Kehadiran Pak Fakhrizal ini bukti bahwa kita sangat dekat dengan beliau, sebab beliau itu tinggal di Jl. Abri, Panyabungan dan kelahiran Sopo Sorik. Baru beliau ini yang datang ke mari setelah duduk menjadi anggota DPRD Sumut,” katanya.

“Ini membuktikan, memilih putra daerah untuk DPRD Sumut itu lebih bagus dibanding figur yang tidak tinggal di Madina,” katanya.

Pertemuan Fakhrizal Efendi Nasution dengan warga itu membahas berbagai aspirasi masyarakat serta kondisi dan kebutuhan-kebutuhan kawasan untuk diperjuangkan di DPRD Sumatera Utara.

Peliput  : Dahlan Batubara

 

,

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar