Home / Berita Sumut / Gelombang di Pantai Barat Sumut Capai Ketinggian 3,5 Meter

Gelombang di Pantai Barat Sumut Capai Ketinggian 3,5 Meter

MEDAN, (MO) – Ombak di pantai barat Sumatera Utara diperkirakan bisa mencapai ketinggian 3,5 meter. Ombak setinggi itu berpeluang terjadi di perairan Tapanuli Tengah, Kepulauan Nias, dan Sibolga. Karenanya, nelayan di kawasan itu diminta waspada.

Tidak hanya di pantai barat, di Pantai Timur seperti perairan Belawan, Deli Serdang, Asahan, dan Tanjung Balai, ombak bisa mencapai 2,5 meter.

Kondisi tersebut disebabkan gangguan cuaca berupa tekanan rendah yang menyebabkan tiupan angin di perairan semakin kuat sehingga menambah ketinggian ombak.

Sedangkan kecepatan angin di darat berkurang, namun di laut semakin kencang. Kecepatan anging di darat menjadi 25 knot atau sekitar 45 km per jam.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala bidang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Hendra Suwarta, Sabtu (13/10).

BMKG meminta nelayan dan warga yang berdiam di pinggir pantai untuk selalu mewaspadai ketinggian ombak tersebut. BMKG juga mengibau agar nelayan tidak melaut pada saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Nelayan diimbau untuk tidak melaut saat gelombang tinggi karena berbahaya,” ujarnya.(mi/ekspos)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar