Home / Seputar Tapsel / Gerombolan Kera Beraksi di Padang Bolak

Gerombolan Kera Beraksi di Padang Bolak


Jagung dan Kacang Ludes Digasak
PADANG BOLAK-
Sejumlah petani jagung dan palawija di Desa Gunung Tua Tonga, dan sekitarnya, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara diresahkan dengan ulah sekelompok kera yang mencuri tanaman mereka.
Serangan kera ini cukup merepotkan petani. Sebab, mereka muncul dan melahap jagung-jagung dan kacang-kacangan petani saat matahari terbenam. Bahkan, kera-kera itu tak hanya mencuri mereka juga merusak tanaman jagung yang masih berbunga. Akibatnya, sejumlah petani dipastikan gagal panen.
M boru Siregar, salah satu petani yang resah. Kepada METRO, Minggu (29/5), ia mengaku terpaksa memanen tanaman kacang-kacangannya lebih awal daripada seluruh tanamannya dirusak kera.
“Seharusnya panen sekitar satu minggu sampai 15 hari lagi. Tapi karena sudah dicabuti oleh ratusan kera, terpaksalah tanaman kacang tanah dipanen lebih awal,” ucapnya.
Padahal, sambungnya, ia telah memasang jaring agar kera tidak masuk ke lahan tanamannya. “Tampaknya pemasangan jaring pun tidak memberi manfaat. Sebab, mereka sudah tahu dan membuka jaring itu layaknya manusia. Lalu, mereka merusak dan memakan kacang tanah itu,” ungkapnya.
Hal senada diungkapkan, Ismail Harahap (46). Menurut petani di Desa Pagaran ini, tidak hanya biji jagungnya saja yang disikat kawanan kera, sampai tongkol jagung pun kandas dilahap kera-kera itu. Selain itu, tanaman sayur-mayur pun tidak luput dari ulah kera-kera itu.
“Kelompok kera itu bukan hanya menyerang tanaman jagung. Mereka juga menyikat tanaman lain seperti kacang, pisang, dan mangga,” terangnya.
Untuk mengantisipasi serangan kera, katanya, ia menggunakan jaring. Namun, hasilnya masih nihil karena kawanan kera tersebut mampu menerobos jaring yang dipasang.
“Kita berharap instansi terkait bisa mengambil langkah tepat dan cepat. Kalau tak segera ditangani, selamanya petani akan terus merugi. Sebab, sebagian besar tanaman yang kami tanam, kalaupun panen, harganya murah,” pungkasnya. (thg)
Sumber : Metrotabagsel

Comments

Komentar Anda