Home / Seputar Madina / Guru Garda Terdepan Bentuk Karakter Generasi Muda

Guru Garda Terdepan Bentuk Karakter Generasi Muda

Pelajar SMP Negeri  4 Kotanopan

Pelajar SMP Negeri 4 Kotanopan

KOTANOPAN (Mandailing Online) : Guru harus mampu menjadi garda terdepan dalam membentuk moral dan karakter generasi muda.

Guru juga harus memiliki kesabaran menghadapi murid serta mampu membangun kepribadian siswa.

Selain itu, sebagai pengajar, guru wajib mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan menanamkan budi pekerti yang luhur, serta berorientasi menjadi siswa yang memiliki kepribadian yang baik dan utuh.

Hal itu diungkapkan Kepala SMP Negeri 4 Kotanopan, Samsul Bahri,S.Pd kepada wartawan, pekan lalu.

”Guru harus turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga harus dapat melaksanakan amanah dan tanggung jawabnya dan menjadi tiang utama pendidikan,” katanya.

Tanpa ilmu, generasi muda tidak akan punya masa depan. Dan tanpa kepribadian yang baik, generasi muda akan gamang menghadapi perkembangan zaman.

“Seorang kepala sekolah itu juga harus mampu mendorong iklim kerja di sekolah yang dipimpinnya sehingga dapat berkembang dengan baik dan mampu meraih keunggulan,” tambahnya.

Dia juga memandang bahwa guru harus bekerja dengan ikhlas guna memajukan pendidikan, terutama dalam meningkatkan disiplin siswa. Dengan begitu, siswa dapat memiliki kesempatan untuk berprestasi sesuai dengan harapan orang tua dan sekolah.

Peliput : Hosman Hasibuan

Editor  : Ludfan Nasution

 

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar