Home / Pendidikan / Guru Honorer Dapat Insentif

Guru Honorer Dapat Insentif


PANGKALPINANG : Guru honorer yang mengajar pada sekolah negeri di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung diberi insentif sebesar Rp400.000/bulan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Guru honor yang mengajar di sekolah negeri diberi insentif Rp400.000 per bulan, namun insentif bisa dikurangi jika kehadirannya juga kurang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Edison Taher di Pangkalpinang, Jumat 26 November 2010.

Ia menjelaskan anggaran insentif itu bersumber dari APBD kota, provinsi dan bantuan dari pemerintah pusat untuk meningatkan kesejahteraan para guru di kota itu.

“Pemerintah juga memberi insentif bagi guru yang mengajar di sekolah swasta senilai Rp1,2 juta per tahun bersumber dari APBD,” katanya.

Khusus untuk guru olahraga yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1 (S1) kata dia dibantu sebesar Rp2 juta per tahun melalui program peningkatan kualifikasi.

“Pangkalpinang memang kesulitan mencari guru khusus olahraga, sehingga kami mendorong para guru olahraga yang ingin melanjutkan pendidikan S1 dan kami sudah bekerja sama dengan UNJ,” ujarnya.

Sedangkan guru yang lulus sertifikasi, baik swasta dan negeri kata dia diberi tunjangan profesi sebesar Rp1,5 juta per bulan.

“Jumlah guru yang sudah sertifikasi di Pangkalpinang memang masih sedikit karena kuotanya sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara guru yang sudah berpendidikan S1 di Pangkalpinang sudah mencapai 50 persen dari jumlah secara keseluruhan dan ditargetkan pada 2014 semua guru sudah S1.

“Guru sudah berpendidikan S1 sudah mencapai 50 persen, masih banyak guru TK dan SD yang belum S1 dan kami menargetkan pada 2014 semua guru sudah berpendidikan S1,” ujarnya.(an)
Sumber : Ekspose News

Comments

Komentar Anda