Home / Artikel / H. Aswin, Sosok Berjasa Melobi APBN Untuk Pembangunan Madina

H. Aswin, Sosok Berjasa Melobi APBN Untuk Pembangunan Madina

H. Aswin Parinduri

Catatan : Dahlan Batubara

Percepatan pembangunan Mandailing Natal mulai dikejar Pemkab Madina sejak 3 tahun terakhir. Pendanaan didukung oleh APBN, sebab untuk melakukan percepatan tak lah tercapai jika hanya mengandalkan APBD Madina dan APBD Sumut saja.

Beberapa sektor percepatan itu meliputi infrastruktur dan perhubungan yang bertujuan bagi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Sektor lainya antara lain kesehatan dan pendidikan.

Berdasar penelusuran Mandailing Online, sosok H. Aswin termasuk satu dari beberapa tokoh Madina yang melakukan rangkaian lobi-lobi kepada pemerintah pusat di Jakarta dalam upaya menambah dukungan APBN terhadap pembangunan sejumlah infrastruktur, kesehatan dan sektor pendidikan di Madina. Termasuk juga Sobir Lubis selaku ketua Kadin Madina serta bupati Madina Dahlan Hasan Nasution.

Kepiawaian H.Aswin dan beberapa lainnya melakukan lobi kepada pemerintah pusat dan tokoh-tokoh nasional asal Mandailing di Jakarta terbukti membawa keberhasilan. Pemerintah telah menetapkan lebih 1 triliun dari APBN untuk membiayai pembangunan sejumlah sektor di Madina tahun 2018 dan tahun 2019.

H. Aswin memiliki jaringan luas di kalangan kementerian RI dan tokoh nasional lainnya sehingga menjadi modal dalam perkuatan lobi anggaran APBN.

Beberapa poin program yang masuk pada APBN 2018 dan 2019 antara lain :

Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah di Bukit Panatapan, Panyabungan sudah mulai dikerjakan bersumber dana dari APBN TA 2018.

Pembangunan Bandara Bukit Malintang masuk dalam APBN TA 2019 menyusul terbitnya Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KP 1278 tahun 2018, 10 Agustus 2018 tentang penetapan lokasi bandara udara Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal

Jalan menuju Pelabuhan Palimbungan masuk dalam APBN TA 2019 sebagai bagian dari percepatan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).  Jalan menuju lokasi kampus politeknik di Tor Siojo masuk dalam APBN TA 2019. Pembangunan Pasar Maga dan Pasar Natal serta Pasar Baru Panyabungan sudah masuk dalam APBN TA 2019.

Siapa dan bagaimana sejarah hidup H.Aswin? Nama lengkapnya H.Aswin Parinduri, pria asal Mandailing Julu ini seorang pengusaha sukses, pengusaha tingkat provinsi dan nasional yang beranjak dari nol.

Sosok H. Aswin yang dikenal sukes sekarang ini sebagai pengusaha di bidang jasa dan konstruksi tingkat Sumatera Utara dan nasional rupanya tidak datang dengan begitu saja.

Beliau adalah berlatar anak desa yang hidup dan besar dari kerja penderes karet (Pangguris) dan juga mantan Kepala Desa.

Untuk menjadi orang sukses, Aswin melaluinya dari nol. Betapa tidak, Aswin berasal dari keluarga petani sederhana telah mengalami pahit getirnya hidup ini.

Di usia yang masih tergolong dini, yaitu 4 tahun, ayahanda tercinta Alm. Abdurrahman telah meningal dunia. Otomatis tanggung jawab keluarga  beralih kepada ibunya Hj. Masliana.

Untuk menghidupi 4 orang bersaudara sepeningal ayahandanya, ibunya berprofesi jadi petani di desa Tamiang.  Melihat kondisi ekonomi yang murat marit, Aswin tidak tega, saat masuk sekolah dasar Aswin pun ikut buruh bagunan untuk membiayai sekolahnya.

Begitu masuk sekolah SLTP dan SLTA, untuk membiayai sekolah dan membantu meringankan ekonomi keluarga, Aswin pun menderes (menyadap karet). Hal itu dilakoninya sampai beliau tamat SMA. Berselang satu tahun kemudian, Aswin pun di terima honor di Dinas PU. Ia pun dikirim untuk membuka jalan sampai ke pelesok-pelosok daerah terutama daerah Natal saat itu.

Berselang tidak berapa lama, Aswin pun dipercayakan menjadi Kepala Desa Tamiang, Kecamatan Kotanopan.

Usai dari itu, Aswin mencoba bangkit dengan berwiraswasta sekaligus mendirikan CV yang kelak membawanya menjadi sukses. Kiprahnya di dunia kontraktor sudah tidak di ragukan lagi, baik ia sekala lokal maupun nasional. Aswin juga sempat menjadi Ketua Gapensi Madina tahun 2003-2008, beliau juga pengurus Gapensi Sumatera Utara.

Di bidang kepemudaan, Aswin pun juga ikut andil, beliau sempat diangkat menjadi penasehat AMPI. Dalam organisasi politik, Aswin juga di kenal mengikuti Partai Golongan Karya. Saat ini beliau menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mandailing Natal. **

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.