Home / Seputar Madina / Harga Cabai Merah di Tanjungbalai dan Panyabungan Naik

Harga Cabai Merah di Tanjungbalai dan Panyabungan Naik


Harga cabai merah dalam beberapa hari terakhir ini yang diperdagangkan di Kota Tanjungbalai dan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami kenaikan.
Di Tanjungbalai misalnya, harga cabai merah lokal kini seharga Rp12.000 per kg dari sebelumnya Rp10.000 per kg, sementara cabai merah keriting diperdagangkan seharga Rp18.000 per kg dari sebelumnya Rp14.000 per kg. Sedangkan di Kota Panyabungan harga cabai merah kriting lebih mahal lagi, yakni mencapai Rp25.000 per kg, melonjak drastis dari sebelumnya yang hanya berkisar Rp12.000 – Rp15.000 per kg.

Pantauan MedanBisnis di sejumlah pasar tradisional yang ada di Tanjungbalai dan Panyabungan, naiknya harga cabai merah ini disebabkan karena pasokan cabai yang masuk ke pedagang mulai berkurang, sementara permintaan cenderung mengalami kenaikan.

Anto, salah seorang pedagang cabai di pasar Tanjungbalai menyatakan, curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir ini menyebabkan pasokan cabai mengalami hambatan. “Curah hujan yang terlalu tinggi kurang baik bagi tanaman cabai, karena produksinya sedikit terganggu. Dan ini terbukti pasokan cabai ke pasar saat ini berkurang baik cabai lokal maupun cabai dari gunung,” katanya.

Sementara itu, sejumlah pedagang cabai di Panyabungan mengaku mendapat untung besar dengan melonjaknya harga cabai ini. Pasalnya, sejumlah pedagang cabai di sana masih memiliki stok lama yang masih dibeli dengan harga murah. “Kita masih memiliki stok cabai yang kita beli dengan harga murah. Tapi karena hari ini harga cabai mengalami kenaikan, maka kita juga menaikkan harga jualnya sehingga keuntungan yang didapat semakin besar,” ujar Saripul, salah seorang pedagang cabai di Pasar Baru Panyabungan, Jumat (19/8). (arsyad yus/zamharir)
Sumber : medanbisnisdaily.com

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar