Home / Seputar Madina / Harga Kakao Turun Lagi

Harga Kakao Turun Lagi

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Dalam satu pekan terakhir ini harga kakao kering di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami penurunan sekitar Rp.2.000/ Kg di tingkat petani.

Harga pada Senin (17/11) dikisaran Rp.26.000/kg dari sebelumnya Rp.28.000/Kg. Pernurunan ini terus terjadi dimana beberapa bulan lalu masih di atas 30.000 rupiah per kilo gram.

Pulen Rangkuti seorang pengumpul kakao di Panyabungan menyatakan terjadinya trend penurunan harga sudah terjadi dalam satu bulan terakhir dari harga sebelumnya sudah sempat di lepel Rp.30.000/ Kg. Akan tetapi terus turun hingga mencapai harga Rp.26.000/ Kg.

“Harga ini memang turun akibat stok barang di toke besar masih banyak, sehingga berpengaruh terhadap harga pembelian kita terhadap kakao dari petani,” ujarnya.

Menurutnya, berdasar kalkulasi situasinya, kondisi pasar di Medan dan Sumatra Barat harga tersebut bisa saja nantinya terjadi perubahan kembali kepada harga Rp.30.000/ Kg.

“Saya cukup yakin memang nanti harga bisa saja kembali normal, karena kebutuhan untuk kakao masih tetap tinggi,” ujarnya.

 

Peliput  : Maradotang Pulungan

Editor    : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar