Home / Seputar Madina / Harga Karet Berbeda di Madina

Harga Karet Berbeda di Madina

BATANG NATAL (Mandailing Online) – Harga karet memiliki perbedaan berdasar per kawasan di Mandailing Natal Madina.

Di Batang Natal, harganya sudah menembus angka 11.000 per kilo gram. Sementara di Panyabungan Utara pada penjualan Senin (27/5/2013) kemarin masih di level 8.500 rupiah per kilo gram.

Perbedaan ini disebabkan oleh tingkat kepadatan dan kekenyalan getah karet dari Batang Natal dibanding dengan kawasan lain di Madina.

Warga Batang Natal, Mara Halim Nasution, menjawab wartawan, Selasa (28/5) menyatakan harga getah karet di kawasan itu sudah di level 11.000 rupiah per kilo gram.

“Memang harga getah karet di Kecamatan Batang Natal lebih mahal dari daerah lain di Madina, kerena karet di Batang Natal lebih pedat dan kenyal disebabkan lebih lama dikumpulkan dari tempurung pengumpul,” katanya.

Sementara itu, Sukri, warga Kecamatan Panyabungan Utara menyatakan bahwa penjualan getah karet masih pada kisaran 8.500 per kilo gram.

“perbedaan dengan Batang Natal itu selalu begitu, sebab di sana lebih padat dan lebih kenyal getah karetnya, karena lebih lama diangkat dari tempurung penadah getahnya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, kondisi tanah dan alam di Batang Natal juga berbeda dengan kawasan lainnya, menjadikan kualitas getah karet di Batang Natal lebih tinggi.(mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar