Home / Seputar Madina / Harga Karet Di Madina Bergerak Naik

Harga Karet Di Madina Bergerak Naik

 

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Setelah lama harga karet alam membuat petani kalang kabut, kini harga terlihat bergerak naik.

Pantauan wartawan di Kecamatan Kotanopan, Panyabungan dan Kecamatan Panyabungan Timur di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) penjualan getah karet di tingkat petani naik antara 800 hingga 1.000 rupiah per kilo gram.

“Kita menjual karet hari ini 7.200 dari sebelumnya hanya 6.200 rupiah per kilo” kata Najamuddin petani karet di Panyabungan, Kamis (30/10).

Hal senada juga disampaikan H. Nasution petani dari Panyabungan Timur harga mengalami kenaikan antara Rp.800 hingga Rp.1.000/ Kg dari Rp.4.000 menjadi Rp.5.000/ Kg.

“Melihat kondisi harga yang bergerak naik kita bersukur setelah sekian lama tidak pernah naik,” ujarnya.

Meski terjadi kenaikan, tetapi titik harga yang diharapkan belum tercapai yakni minimal berada di kisaran 10.000 rupiah per kilo gram, sebab harga 10.000 ini sudah berada diambang memadai bagi pendapatan petani disesuikan dengan kebutuhan rumah tangga dan biaya pendidikan anak-anak.

“Begitupun keresahan kami sebagai petani sedikit terobati dengan adanya pergerakan harga karet tersebut,” imbuhnya.

Sementara di Kecamatan Kotanopan dan sekitarnya juga mengalami trend naik dari Rp.7.500 menjadi Rp.8.300/Kg. Harga di daerah ini lebih mahal jika dibandingkan kawasan Panyabungan, karena kualitas kadar airnya lebih sedikit.

Peliput: Maradotang Pulungan

Editor  : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar