Home / Seputar Madina / Harga Kedondong Naik Akibat Daerah Lain Belum Panen

Harga Kedondong Naik Akibat Daerah Lain Belum Panen

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Melonjaknya harga buah kedondong di tingkat petani dalam dua pekan terakhir di Mandailing Natal (Madina) akibat meningkatnya permintaan pasar lalu mempengaruhi harga.

“Naiknya harga dimungkinkan akibat daerah luar Madina sedang tidak musim penen, makanya harganya naik,” ungkap pedagang pengumpul, Kali Junjung di Kecamatan Panyabungan Utara, Minggu (16/6/2013).

Dikatakannya, dalam satu hari bisa mengumpulkan 100 karung kedondong dari petani. Kedondong dari Madina dikirim ke Jakarta dan Medan.

Junjung menjelaskan, sebelum harga kedondong ini naik, biasanya dia melakukan penen sendiri terhadap buah kedondong petani karena petani kurang bergairah melakukan pemetikan langsung.

Tetapi, saat ini ketika harga melambung yang mencapai 125.000 per karung, petani sendiri yang langsung memetiknya di pohon.

Dia menyatakan belum mampu mengetahui pasti apakah harga ini masih akan terus naik atau sudah pada tingkat stagnan atau malah akan menurun kembali. Yang jelas, dia hanya mampu melihat kenaikan harga ini akibat musim panen belum terjadi di daerah lain.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

One comment

Silahkan Anda Beri Komentar