Home / Seputar Madina / Harga Manggis Di Madina 15.000

Harga Manggis Di Madina 15.000

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Dalam beberapa minggu terakhir harga manggis di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mencapai Rp.15.000/kg. Kenaikan ini membuat petani bergembira, apalagi saat ini pohon-pohon manggis lagi musim berbuah.

Aswin Rangkuti seorang petani manggis di Kecamatan Panyabungan Timur kepada wartawan, Kamis (26/12/2013) mengatakan, harga manggis memang berpariasi mulai dari Rp.8.000 hingga Rp.15.000/ kg tergantung kualitasnya.

“Untuk saat ini petani manggis memang merasa gembira, dengan harga yang mencapai Rp.15.000/ kg, apalagi sekarang sedang musim panen,” ujarnya.

Diungkapkannya, dalam satu hari penen dari kebun manggis miliknya bisa mencapai 2 ton. Sementara untuk memasarkan dia tidak khawatir karena langsung ada pedagang penampungnya.

Di hari yang sama, Jamaluddin Lubis seorang pengumpul mengatakan, Kecamatan Panyabungan Timur termasuk pemasok terbesar untuk buah manggis di Mandailing Natal, diantaranya yang dominan adalah Desa Pagur, Parmompang, Hutarimbaru dan Kelurahan Gunung Baringin.

“Harga manggis untuk super mencapai Rp.15.000/ kg, ini akan dikirim ke luar negeri seperti Singapura, Thailand, Taiwan dan Malaysia.

Sedangkan manggis kualitas Cong dikirim untuk kebutuhan dalam negeri saja, dengan harga antara Rp.8.000 hingga Rp.9.000/ kg di tingkat petani.

Dikatakannya, selain Panyabungan Timur, wilayah Mandailing Julu, Kecamatan Batang Natal dan Kecamatan Panyabungan Kota juga penghasil manggis.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar